Wujudkan Desa Cinta Statistik, Dispermades-Diskominfotik Kabupaten Tegal Lakukan Ini

Wujudkan Desa Cinta Statistik, Dispermades-Diskominfotik Kabupaten Tegal Lakukan Ini

Kepala Dinas Kominfo dan Dinas Permades berikut BPS bersinergi wujudkan desa cantik-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Bertempat di aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal, diskusi dan kolaburasi dilakukan Dinas Kominfo bersama Dinas Permades, berikut kepala BPS dan timnya.

Hal tersebut terkait gagasan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik, dan aplikasi 'sepakat' yang akan dijadikan  base data untuk melaksanakan progran desa cantik.

Statistisi Ahli Madya, Diana Dwi Susanti menyatakan program 'desa cantik' merupakan sebuah upaya quick win yang dikembangkan oleh BPS untuk ikut serta dalam program penanggulangan kemiskinan.

"Programini sejakan dengan semangat satu data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan  perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pegendalian pembangunan," ujarnya Rabu 17 Januari 2023.

Dalam program desa cinta statistik imni yang menjadi subyek adalah Pemerintah Desa.

"Dalam hal ini ada tiga desa  yang akan menjadi proyek dalam mengaplikasikan program desa cantik 2024. Yaitu Desa Pagerwangi Kecamatan Balapulang, Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna, dan Desa Sidapurnya Kecamatan Dukuhturi," cetusnya.

Ketiga desa tersebut akan mendapatkan pembinaan dalam tata kelola data yang akan menjadi usulan program desa. 

"Kesepakatan dari hasil diskusi adalah  menggunakan data yang ada di AplikasiSepakat yang berisi data hasil Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek). Regsosek merupakan basis data kesejahteraan penduduk yang merupakan bagian dari ReformasiSistem Perlindungan Sosial untuk mewujudkan visiSatu Data Indonesia yang berfungsi untuk membantu pemerintah melakukan berbagai program secara terintegrasi," ungkapnya.

Meniurutnya,  regsosek memiliki data yang komprehensif, mencakup aspek: demografi, perumahan, kondisidisabilitas, kepemilikan asset, dan geospasial.

Dengan data dari Regsosek, berbagai program seperti perlindungan sosial, pemberdayaan ekonomi, penyediaan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan serta program pembangunan lainnya dapat dijalankan dengan lebih efektif. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: