Apakah Boleh Meminjam Uang untuk Melunasi Hutang Riba? Berikut Penjelasannya

Apakah Boleh Meminjam Uang untuk Melunasi Hutang Riba? Berikut Penjelasannya

pinjaman untuk melunasi hutang riba--foto kspps

DISWAY JATENG - Dalam agama Islam, hutang dianggap perkara yang fleksibel karena hutang dapat dianggap meringankan beban orang lain sehingga bagi umat muslim boleh untuk berhutang apabila berada dalam situasi yang mendesak.

Dewasa ini, semua orang sudah tidak asing dengan hutang baik keperluannya digunakan untuk berusaha, maupun untuk kegunaan konsumsi.

Namun, ada juga hutang yang haram dilakukan yaitu hutang yang dalamnya terdapat unsur riba. Sehingga, apabila umat muslim memiliki hutang riba, haruslah segera dilunasi dengan segera agar tidak menambah dosa. 

Secara umum, pengertian hutang adalah pinjaman berupa uang yang diberikan baik dari orang maupun dari bank. Hutang dapat dibagi berdasarkan masa pinjamnya yaitu :

1. Hutang Jangka Panjang

Hutang jangka panjang memiliki masa tenor yang panjang yang umumnya untuk jangka waktu lebih dari 1 tahun. Hutang jangka panjang biasanya digunakan untuk memperkuat modal usaha dan juga dapat timbul karena pembelian aset seperti rumah atau kendaraan bermotor.

BACA JUGA:Terjerat Pinjol? Inilah 5 Cara Jitu Lepas dari Hutang Pinjol, dan Kenali Dampak Negatifnya

Hutang jenis ini biasanya memiliki beban bunga yang mengikuti masa tenor pinjaman. Semakin lama masa tenor pinjaman, maka bunga yang dibayarkan semakin banyak.

2. Hutang Jangka Pendek

Dalam ajaran Islam, hutang adalah akad atau janji yang harus juga dipenuhi yang dapat digunakan apabila dalam keadaan mendesak. Hutang wajib dibayar karena tidak membayar hutang dapat dikatakan telah merampas dan mengambil harta dari orang lain.

Hutang memiliki masa tenor kurang dari 1 tahun. Biasanya hutang ini digunakan untuk keperluan konsumtif ataupun keperluan mendadak seperti pembelian kebutuhan atau barang-barang dengan menggunakan kartu kredit.

Dalam hadist HR Al-Bukhari menunjukkan bahwa Rasul pernah berhutang dan menggadaikan baju besinya sebagai jaminan atas proses pembayarannya.

Karena itu, apabila memiliki hutang maka kalian harus segera menyelesaikannya. Selain itu, ada syarat apabila melakukan hutang dalam Islam, yaitu:

BACA JUGA: Jangan Panik! Inilah 7 Cara Ampuh Melunasi Hutang Pinjol dengan Cepat dan Efektif, Ikuti Langkah Berikut Ini

  • penerima hutang menggunakan hutang untuk keperluan yang halal
  • pemberian hutang tersebut tidak memberikan keuntungan lebih kepada pemberi hutang
  • kepemilikan harta jelas dan halal
  • penagihannya tidak menggunakan jasa debt collector.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: