Tak Perlu Panik! Begini Cara Menghadapi Debt Collector dengan Baik dan Benar

Tak Perlu Panik! Begini Cara Menghadapi Debt Collector dengan Baik dan Benar

cara menghadapi debt collector--foto gadai bpkb mobil

DISWAY JATENG - Di zaman sekarang, proses peminjaman uang atau modal sangat mudah dilakukan. Ada banyak aplikasi yang sudah terintegrasi oleh OJK yang bisa memberikan pinjaman uang, seperti Kredivo, AkuLaku, Kredit Pintar, dan lainnya.

Lantas kapan debt collector datang ke rumah? Biasanya, perusahaan peminjaman uang online akan datang di hari ke-60 sejak pengguna telat melakukan pembayaran tagihan.

Berikut cara kerja debt collector utang online yang bisa kalian pelajari :

1. Menghubungi Debitur

Sebenarnya, sebelum benar-benar mendatangi debitur, debt collector akan menghubungi melalui telepon terlebih dahulu untuk melakukan konfirmasi dan penagihan awal. Jadi, debitur bisa melakukan persiapan pelunasan tepat ketika debt collector datang.

2. Mempersiapkan File dan Bukti Tagihan

BACA JUGA:12 Pinjol Tanpa Debt Collector dan Sudah Dipercaya Banyak Nasabah di Indonesia, Legal Terdaftar OJK!

Selanjutnya debt collector akan mendapatkan data-data mengenai debitur yang menunggak pinjaman. Seluruh file dan bukti tagihan akan dibawa sebagai bukti sehingga debitur tidak bisa menyangkal ketika didatangi debt collector.

3. Mengingatkan Debitur

Jika debitur tetap tidak membayar pinjamannya, debt collector bisa memberikan waktu jatuh tempo terakhir yang disepakati dengan debitur.  

4. Menanyakan Tagihan

Berikutnya petugas akan langsung datang ke rumah debitur. Dengan sopan dan tegas, mereka harus memperkenalkan diri dan mengatakan maksud kedatangannya serta memperlihatkan surat tugas.

5. Tindakan Lanjutan

Ada beberapa kasus di mana debitur tidak juga melunasi pinjamannya padahal sudah diberikan banyak kelonggaran. Maka akan didatangi lagi oleh debt collector sebanyak satu hingga dua kali. Setelah itu, juru sita yang akan datang untuk melakukan penyitaan aset sesuai kesepakatan yang dilakukan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: