Tak Perlu Disemir, Ini Cara Mengatasi Uban di Usia Muda yang Harus Kamu Ketahui

Tak Perlu Disemir, Ini Cara Mengatasi Uban di Usia Muda yang Harus Kamu Ketahui

PERAWATAN RAMBUT - Begini cara mengatasi uban atau rambut putih yang muncul diusia muda--

DISWAY JATENG - Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih, ini disebabkan oleh rambut yang kehilangan zat warna (pigmen) melanin. Uban sering dikaitkan dengan orang lanjut usia, padahal penyebab uban bukan hanya disebabkan oleh proses penuaan.

Perubahan pola hidup di zaman sekarang memicu para usia muda juga mengalami rambut beruban. Cara mengatasi uban di usia muda sering dicari banyak orang. Munculnya uban diusia muda membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. 

Uban muncul ketika folikel rambut rusak, rusaknya bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya vitamin A, stres, merokok, dan lain-lain. Folikel ini sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Tidak mungkin bukan kamu akan membiarkan uban muncul pada rambutmu? Ini Cara mengatasi uban yang muncul diusi muda , berikut penjelasanya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut, Bisa Hilangkan Uban!

Cara Mengatasi Uban Yang Muncul di Usia Muda

Mengatasi uban diusia muda bisa kamu lakukan dengan perawatan sederhana seperti berikut ini :

1. Gunakan minyak rambut

Minyak rambut bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi uban. Tapi banyak anak muda lebih memilih mengecat rambut daripada menggunakan minyak rambut, padahal mengecat rambut bisa menyebabkan rambut rusak. Karena keengganan menggunakan minyak rambut menyebabkan folikel rambut melemah yang menyebabkan rambut menjadi tipis, putih, dan kusam. Kamu bisa menggunakan minyak almond atau minyak zaitun untuk menutrisi kulit kepala. Gunakan minyak rambut setiap hari sebelum tidur, oleskan dan pijat minyak rambut ke kulit kepala dan rambut.

2. Pilih Produk rambut yang tepat

Memilih produk untuk merawat rambut harus tepat. Jika kamu salah memilih, akan menyebabkan rambut rusak yang menjadikan tumbuhnya uban. Rawatlah rambut dengan benar, rutin membersihkan rambut secara teratur setidaknya 3 kali dalam seminggu. Tetapi jika terlalu sering akan menyebabkan folikel rambut rusak.

3. Hindari stres

Selain bisa menyebabkan adanya berbagai penyakit, stres juga menjadi salah satu penyebab munculnya uban diusia muda. Saat stres, tubuh menghasilkan hormon stres seperti kortisol yang dapat merusak folikel rambut dan mempercepat proses uban.

Untuk itu, hindarilah stres berlebih. Bisa dengan mendengarkan musik, melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, ataupun olahraga untuk menghindari stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: