Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan di Bulan Rajab

Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan di Bulan Rajab

Bulan Rajab 2024: Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan--

DISWAY JATENG - Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Islam. Bulan ini merupakan bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriah, dan juga salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan haram adalah bulan-bulan yang dilarang untuk melakukan peperangan, dan disunnahkan untuk meningkatkan ibadah dan amal sholeh. Kementrian Agama merilis Tanggal 1 Rajab 1445 H jatuh pada hari sabtu, 13 januari 2024.

 
Bulan Rajab memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, di antaranya adalah:
 
  • Bulan Rajab adalah bulan yang dirahmati Allah SWT, karena terdiri dari huruf "Ra" yang berarti rahmatullah, "Jim" yang berarti judullah (kemudahan), dan "Ba" yang berarti birullah (kebaikan).
  • Bulan Rajab adalah bulan yang menyimpan banyak tetesan positif, karena disebut juga Al-Ashabb yang artinya menetes atau mengucur.
  • Bulan Rajab adalah bulan yang tidak mendengar suara perang, karena disebut juga Al-Ashamm yang artinya tuli atau tidak mendengar.
  • Bulan Rajab adalah bulan yang dilempari setan dan dikutuk, karena disebut juga Rajam yang artinya dilempari atau dikutuk.
  • Bulan Rajab adalah bulan yang menyaksikan peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, yaitu perjalanan beliau dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah shalat lima waktu.
  • Bulan Rajab adalah bulan yang memiliki sungai di surga yang dinamakan Rajab, yang airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Santri TPQ Usamah bin Zaid Tegal Ikut Ujian Tahfidz

Oleh karena itu, bulan Rajab adalah bulan yang sangat baik untuk berpuasa, berdzikir, bersedekah, dan berbagai amalan lainnya yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Rajab:
 
  • Puasa sunnah, baik puasa senin-kamis, puasa ayyamul bidh (tanggal 13, 14, dan 15 Rajab), puasa tanggal 27 Rajab (hari Isra Miraj), atau puasa lainnya yang sesuai kemampuan. Puasa di bulan Rajab memiliki pahala yang berlipat-lipat, seperti puasa selama 60 bulan, puasa sebulan, atau ibadah 900 tahun.
  • Bacaan niat puasa Rajab adalah: نَوَيْتُ صَوْمَ رَجَبَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى Artinya: "Saya niat puasa Rajab sunnah karena Allah Ta'ala."
  • Shalat sunnah Rajab, yaitu shalat dua rakaat setelah shalat maghrib atau isya, dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas masing-masing 3 kali pada setiap rakaat. Shalat ini memiliki keutamaan untuk menghapus dosa-dosa dan mendapatkan ampunan Allah SWT.
  • Bacaan niat shalat sunnah Rajab adalah: أُصَلِّي سُنَّةَ رَجَبَ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى Artinya: "Saya shalat sunnah Rajab dua rakaat karena Allah Ta'ala."
  • Doa bulan Rajab, yaitu doa yang dibaca pada awal bulan Rajab untuk memohon berkah dan perlindungan Allah SWT. Doa ini adalah: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan."
  • Dzikir bulan Rajab, yaitu dzikir yang dibaca sebanyak-banyaknya di bulan Rajab untuk mengagungkan dan memuji Allah SWT. Dzikir ini adalah: سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ Artinya: "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar."
 
Demikianlah beberapa informasi tentang bulan Rajab 2024 dan keutamaan serta amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan ini. Semoga kita dapat memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan rahmat, kemudahan, dan kebaikan dari Allah SWT. Aamiin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: