4 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan, Bisa Hilangin Flek Hitam yang Membandel

4 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan, Bisa Hilangin Flek Hitam yang Membandel

Cuka Apel untuk atasi flek hitam-Ippom MUI-

DISWAYJATENG - Cuka apel, bahan ajaib yang sering terlupakan, ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Jadi, berapa kali sebenarnya kita bisa menggunakan cuka apel untuk wajah?

Well, jawabannya adalah 2-3 kali setiap minggu. Namun, untuk merasakan hasil maksimal, perlu kesabaran. Efek terbaiknya bisa dirasakan setelah penggunaan rutin selama 6-8 minggu, tentu tergantung dari kondisi awal kulit wajahmu.

 

Mengenal Cuka Apel

 

Cuka sari apel atau yang lebih dikenal sebagai cider vinegar atau ACV adalah cuka yang terbuat dari sari apel, memberikan warna yang sedikit pucat.

Seperti jus apel, cuka apel ini mengandung nutrisi berlimpah, mulai dari pektin, vitamin B1, B2, B6, biotin, asam folat, asam pantotenat, niasin, hingga vitamin C.

BACA JUGA:10 Rahasia Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan Wajah, Ampuh Untuk Atasi Jerawat Membandel

 

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

 

1. Mengatasi Hiperpigmentasi

 

Kalau kamu punya masalah hiperpigmentasi atau kulit belang karena melanin berlebih, cuka apel bisa jadi solusinya. Asam asetat dalam cuka apel membantu meratakan warna kulit secara alami

 

Caranya sangat mudah, cukup oleskan cuka apel di wajahmu terutama area yang terlihat belang. Setelah itu diamkan selama 10-20 menit, bilas dengan air hangat lalu keringkan. Lakukan rutin selama beberapa minggu maka hasilnya akan terlihat.

 

2. Mengatasi Jerawat

 

Semua jenis cuka, termasuk cuka apel, punya kekuatan membunuh bakteri dan virus. Beberapa studi bahkan membuktikan bahwa cuka apel mampu menurunkan jumlah bakteri hingga 90-95 persen.

BACA JUGA:7 Rahasia Kulit Wajah Glowing Alami ala Artis Korea, Salah Satunya Gunakan Campuran Kunyit dan Madu

 

Cuka Apel ini bisa jadi penyelamat untuk kulit wajahmu yang berjerawat. Gunakan cuka apel untuk toner dan pembersih, gunakan kapas lalu oleskan terutama pada area yang berjerawat.

 

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

 

Cuka apel, jika digunakan dengan rutin, bisa memberikan kulit yang lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya membantu mengangkat sel kulit mati, membuka sel kulit baru yang lebih sehat, dan memberikan tampilan kulit yang cerah.

Caranya, tuangkan cuka apel ke dalam bak mandi berisi air hangat, berendamlah selama 15-20 menit, dan biarkan zat asamnya meresap ke dalam kulit. Ini akan menjaga tingkat pH kulit dan membantu mengelupaskan kulit mati.

 

4. Mengatasi Kutil

 

Kutil yang tumbuh di sekitar wajah atau leher bisa cukup mengganggu. Beruntung, cuka apel bisa membuat kutil mengelupas dengan sendirinya.

BACA JUGA:Atasi Kulit Kering Wajah Kamu dengan 5 Cara Ini, Dijamin Ampuh Tanpa Banyak Modal

Oleskan campuran cuka apel dengan air menggunakan bola kapas langsung ke area kutil, biarkan hingga mengering, dan lakukan secara rutin untuk hasil yang terbaik.

 

Seberapa Sering Harus Menggunakan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: