10 Rahasia Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan Wajah, Ampuh Untuk Atasi Jerawat Membandel

10 Rahasia Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan Wajah, Ampuh Untuk Atasi Jerawat Membandel

Manfaat Air Mawar untuk kecantikan-detik.com-

DISWAYJATENG - Air mawar, yang juga dikenal sebagai rose water, bukan hanya sekadar cairan wangi yang menyegarkan.

Diperoleh dari hasil rebusan kelopak bunga mawar, air mawar telah menjadi bahan alami dalam perawatan kulit, pembuatan parfum, dan bahkan sebagai penguat aroma dalam makanan.

 

Sejak zaman abad pertengahan, masyarakat Timur Tengah, terutama di Iran, telah mengamalkannya dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kuliner, kecantikan, dan pengobatan.

Bunga mawar jenis Damask atau Rosa damascena menjadi bahan utama dalam pembuatan air mawar ini.

 

Air mawar memiliki kandungan minyak mawar sekitar 10 hingga 15 persen. Menariknya, jenis mawar Damask memiliki kandungan minyak yang sangat rendah.

BACA JUGA:7 Rahasia Kulit Wajah Glowing Alami ala Artis Korea, Salah Satunya Gunakan Campuran Kunyit dan Madu

Minyak mawar yang diekstrak dari jenis mawar ini menjadi minyak atsiri dengan harga fantastis, bahkan menjadi salah satu minyak atsiri paling mahal di dunia.

 

Jika kamu penasaran dengan hasil penggunaan air mawar secara teratur, maka jangan ragu untuk mencobanya.

Selain kamu bisa mudah mengolahnya sendiri, sekarang sudah banyak produk kosmetik yang mengeluarkan produk air mawar untuk kecantikan.

 

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

 

1. Membantu Membuat Mata Menjadi Lebih Cerah

 

Air mawar membantu mencerahkan kulit wajah, terutama pada area sekitar mata. Jika mata terlihat bengkak atau gelap karena kurang istirahat, aplikasikan air mawar dengan kapas selama lima menit untuk meredakan.

 

2. Membuat Riasan Tampak Lebih Sempurna

 

Air mawar dapat menyegarkan riasan yang memudar atau terlihat kusam. Semprotkan sedikit air mawar untuk memberikan kesan segar dan bercahaya pada wajah.

 

Tak jarang banyak orang menggunakan air mawar sebagai fave mist atau setting spray, karena manfaatnya dapat dirasakan jika menggunakan make up.

 

3. Berguna Sebagai Toner

 

Sebagai toner wajah, air mawar cocok untuk kulit berjerawat. Kandungannya membantu menghilangkan bakteri dan meredakan kondisi jerawat yang meradang.

BACA JUGA:7 Resep Kecantikan Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang, Hasilnya Bikin Hati Riang

 

Kamu bisa menggunakannya sebelum mencuci wajah, gunakan dengan kapas dan oleskan secara merata pada wajah kamu, lakukan secara rutin pagi dan malam.

 

4. Membantu Membersihkan Sisa Riasan

 

Selain mempercantik, air mawar juga efektif membersihkan sisa make-up. Efek pembersihnya tak kalah dengan produk dari brand ternama, bahkan mampu membersihkan riasan waterproof tanpa iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: