Inilah 9 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif Lunasi Hutang

Inilah 9 Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol, Solusi Efektif Lunasi Hutang

cara keluar dari jeratan pinjol--foto konkrit.com

5. Cek Status Pinjol Ilegal atau Bukan

Ketika membutuhkan uang, kebanyakan orang akan merasa terburu-buru dan akhirnya terjebak pada pinjol ilegal. Nah, jika perusahaan pinjol kalian legal, ada baiknya melunasi kewajiban karena jika tidak implikasinya akan tidak baik, seperti masuk blacklist SLIK OJK, dikejar-kejar debt collector.

Sedangkan, jika kalian mengecek dan ternyata perusahaan pinjol ilegal, maka kalian bisa melaporkan ke OJK atau ke pihak berwajib jika mereka melakukan penagihan yang tidak sesuai ketentuan, seperti mengancam atau memaki-maki.

6. Manfaatkan Bonus Tahunan

Jika kalian mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dari bonus tahunan atau THR, kalian bisa sisihkan untuk melunasi utang pinjol. Tingginya bunga pinjol membuat kita lebih baik melunasi pinjol dibandingkan untuk investasi. 

7. Ajukan Restrukturisasi Pinjaman

Mengajukan restrukturisasi pinjaman menjadi salah satu jalan keluar. Apalagi OJK sudah mengijinkan penyelenggara pinjol untuk bisa memberikan keringanan dalam bentuk restrukturisasi kredit. Biasanya, restrukturisasi ini bisa berupa diskon denda atau bunga, hingga perpanjangan masa kredit. Tergantung, hasil negosiasi dengan perusahaan pinjol.

8. Kontak Perusahan Pinjol

Daripada dikejar-kejar oleh debt collector, alangkah lebih baiknya kalian menghubungi perusahaan pinjol tersebut dan ceritakan kondisi kalian secara transparan. Sampaikan ke pinjol bahwa kalian sedang mengalami kesulitan dan berat untuk membayar kewajiban pembayaran.

BACA JUGA:Cara Aman dari Jeratan Pinjol Ilegal, Hindari dari Dini Debt Collector Datang ke Rumah

Sertakan juga bukti untuk mendukung pernyataan bahwa sedang dalam kesulitan ekonomi. Dengan begitu, kalian bisa meminta keringanan kepada perusahaan pinjol dan tunjukkan komitmen ingin menyelesaikan tunggakan tersebut.

9. Coba Pinjam ke Orang Lain

Meskipun mudah dan cepat, pinjaman online memiliki bunga yang tinggi. Umumnya, bunga pinjol mencapai 12% sebulan atau 144% setahun. Sehingga, beban bunga memakan porsi yang cukup signifikan daripada kewajiban pembayaran pinjaman.

Untuk bisa mengatasi jeratan pinjol, kalian bisa coba meminjam di tempat lain dengan bunga rendah untuk melunasi kewajiban kredit di pinjol. Atau kalian juga bisa pinjam ke orang tua, saudara, atau teman yang tidak memberlakukan bunga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: