Kader Desa Wanarata Kabupaten Pemalang Menjadi Garda Terdepan

Kader Desa Wanarata Kabupaten Pemalang Menjadi Garda Terdepan

KEGIATAN - Para kader di Desa Wanarata ikuti kegiatan di balai desa.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Kader KB, kesehatan dan posyandu di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang mengikuti penyuluhan tentang peran Kader di Desa Wanarata yang jadi garda terdepan

Kepala Desa Wanarata Elok Rahmawati mengatakan, kader menjadi garda terdepan untuk memastikan setiap warga bisa tetap sehat dan memiliki kehidupan yang berkualitas. Pembangunan fisik berupa jalan, jembatan, gedung dan lain lainnya akan nampak begitu jelas langsung dilihat dan dinikmati hasilnya.

BACA JUGA:Perekrutan Calon Pengawas TPS Pemilu di Kabupaten Pemalang Belum Penuhi Target

Namun tidak demikian pembangunan sumber daya manusia, hasilnya tidak akan bisa langsung dilihat atau dinikmati. Akan tetapi hal ini sungguh sangat penting dilakukan oleh Pemerintah Desa Wanarata, 

"Untuk itu peran kader KB, kesehatan dan posyandu sangat dibutuhkan," katanya.

Penyuluh KB Kecamatan Bantarbolang Kukuh Raharso menjelaskan, fungsi dan peran posyandu di bidang kesehatan pun kini diperluas. Tidak lagi sekedar melayani kesehatan ibu dan anak, melainkan juga seluruh siklus kehidupan manusia. 

BACA JUGA:Layanan Kesehatan Masyarakat Kabupaten Pemalang Harus Gratis

"Mulai dari bayi, remaja hingga warga lanjut usia," jelasnya. 

Bidan Desa Wanarata Dwi Rini K menyampaikan, pembangunan manusia merupakan investasi jangka panjang. Yang sangat penting dimulai dari calon pengantin. Agar bisa mempersiapkan diri secara matang. Siap secara mental fisik dan ekonomi, sehingga dalam mengarungi jenjang pernikahan lebih mapan.

Ibu hamil untuk lebih memperhatikan asupan makanan yang bergizi sesuai anjuran kesehatan. Keluarga yang memiliki balita harus bisa mempersiapkan kebutuhan balitanya. Agar diperbolehkannya calon calon generasi penerus bangsa yang berkualitas.

BACA JUGA:PP PPDI Kabupaten Tegal Ingin Siltap Disesuaikan Jenjang Usia Kerja

"Sehingga pembangunan sumber daya manusia, yang tidak nampak langsung hasilnya bisa diutamakan selain pembangunan fisik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: