Ketahui Tips Ampuh Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar, 100% Anti Galbay

Ketahui Tips Ampuh Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar, 100% Anti Galbay

tips melunasi utang pinjol--bpr lawu artha

Jika kalian merasa dirugikan oleh penyedia pinjol, kalian bisa melaporkannya ke polisi. Penyedia pinjol yang melakukan tindak pidana, seperti :

  • Pembiayaan tanpa izin
  • Pencairan dana secara sepihak
  • Penambahan bunga yang tidak wajar dapat dipidana sesuai dengan Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen.

5. Mengajukan restrukturisasi utang

Jika negosiasi tidak membuahkan hasil, kalian bisa mengajukan restrukturisasi utang. Restrukturisasi utang adalah proses perubahan perjanjian utang antara kreditur dan debitur. Dalam hal ini, kalian bisa mengajukan agar utang kalian dilunasi dalam jangka waktu yang lebih panjang atau dengan bunga yang lebih rendah.

Untuk mengajukan restrukturisasi utang, kalian perlu menghubungi penyedia pinjol dan mengajukan permohonan secara tertulis. Kalian juga perlu menyiapkan data-data pendukung, seperti:

  • Bukti penghasilan
  • Bukti pengeluaran
  • Bukti kesulitan membayar.

Tips untuk Melunasi Utang Pinjol

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melunasi utang pinjol:

1. Hindari menambah utang

BACA JUGA:Terjerat Hutang Pinjol? Inilah Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk Agar Tidak Galbay, Terbukti Efektif

Selama kalian masih dalam proses melunasi utang, sebaiknya menghindari untuk menambah utang lagi. Hal ini akan mempersulit kalian untuk melunasi utang yang ada.

2. Buatlah daftar utang

Langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat daftar utang. Dengan mengetahui jumlah dan jenis utang kalian, maka kalian dapat membuat rencana pembayaran yang lebih realistis.

3. Atur anggaran

Setelah mengetahui jumlah utang kalian, perlu mengatur anggaran untuk melunasinya. Kalian bisa mulai dengan menyisihkan sebagian pendapatan kalian setiap bulan untuk membayar utang.

4. Jangan menyerah

Melunasi utang memang membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Namun, jangan pernah menyerah untuk melunasi utangnya. Dengan tekad dan kerja keras, kalian pasti bisa menyelesaikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: