Libur Natal dan Tahun Baru, Wisatawan OW Guci Kabupaten Tegal Tembus 64.914 Orang

Libur Natal dan Tahun Baru, Wisatawan OW Guci Kabupaten Tegal Tembus 64.914 Orang

KALKULASI - Kabid Pariwisata mengalkulasi jumlah wisatawan yang membanjiri destinasi wisata selama libur Nataru.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Selama libur  Natal dan Tahun Baru (Nataru) lonjakan angka wisatawan di  OW Guci sempat menembus angka 13.550 pada 24 Desember 2023. Praktis, selama libur Nataru total angka wisatawan yang berkunjung di OW Guci tercatat 64.914 orang.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni melalui  Kabid Pariwisata Joko Sunarto menyatakan, untuk destinasi wisata Waduk Cacaban selama libur Nataru tercatat dikunjungi 3.468 wisatawan dengan puncak kunjungan di tanggal 1 Janunari 2024 sebanyak 838 orang. 

BACA JUGA:Deteksi Dini Gangguan Perkembangan Anak di Desa Wanarata Kabupaten Pemalang

"Untuk destinasi wisata Purin tercatat dikunjungi sebanyak 5.444 wisatawan dengan puncak kunjungan di tanggal 1 Januari 2024 sebanyak 2.405 orang," ujarnya.

Banyaknya desa wisata atau wahana wisata yang kini menjamur di desa tidak berpengaruh signifikan terhadap berkurangnya angka wisatawan di destinasi wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Harga Kubis Tingkat Petani di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Anjlok

"Kalaupun ada, persentasenya sangat kecil. Saat ini setidaknya ada 17 desa wisata yang sudah ditetapkan ditambah desa yang punya wahana wisata secara mandiri," cetusnya.

Pihaknya juga memastikan di tahun ini akan ada pengajuan desa wisata baru yang mensyaratkan pembentukan pokdarwis terlebih dahulu. Serta beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebagai prasayat desa wisata. 

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Harga Pertamax Turun

"Dari 17 desa wisata yang ada, saat ini terhitung tinggal 10 desa wisata yang aktif. Sisanya sempat terkendala pascapandemi Covid-19 dan kini sedang berupaya bangkit kembali," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: