Buku Sejarah Masjid Agung Kota Tegal Resmi Diluncurkan

Buku Sejarah Masjid Agung Kota Tegal Resmi Diluncurkan

PELUNCURAN — Panelis menyampaikan pendapat tentang buku sejarah Masjid Agung Kota Tegal yang baru saja diluncurkan di Serambi Timur Masjid Agung Kota Tegal.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Setelah melalui proses penyusunan yang cukup panjang oleh Tim Penyusun Yayasan Masjid Agung Kota Tegal, buku berjudul Masjid Agung Kota Tegal dalam Bingkai Sejarah akhirnya resmi diluncurkan. Peluncuran buku Sejarah masjid terbesar di Kota Bahari diselenggarakan di Serambi Timur Masjid Agung Kota Tegal.

Setelah diluncurkan, buku tersebut dibedah dengan menghadirkan tiga panelis yaitu KH Abu Chaer Annur, H Yono Daryono, Wijanarto dan dimoderatori Suriali Andi Kustomo. Acara dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Andri Yudi Setiawan, Pengurus dan Tim Penulis Yayasan Masjid Agung Kota Tegal, serta tamu undangan.

BACA JUGA:Target Pajak Daerah Naik Signifikan, PBB-BPHTB Jadi Andalan Kabupaten Brebes

Ketua Yayasan Masjid Agung Kota Tegal H Nursiddiq mengaku bersyukur atas diluncurkannya buku yang disusun Tim Penulis yaitu H Moh Suwarso, Firman Hadi, Ubaidillah, Makhsum Bustomi, dan Edy Yohana itu. Yayasan Masjid Agung Kota Tegal menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyusunan buku ini.

Menurut Nursiddiq, penyusunan buku ini membutuhkan kerja keras, kesabaran, ketekunan, dan eksplorasi yang cukup berat karena minimnya referensi dan literatur. “Beruntung kami memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidang penulisan sejarah, sehingga kami bisa menyusun dan menerbitkan buku ini,” kata Nursiddiq.

BACA JUGA:Kecelakaan Tembus 1.084 Kasus, 230 Korban Tewas di Kabupaten Brebes

Terima kasih disampaikan Ketua Tim Penulis H Moh Suwarso kepada Yayasan Masjid Agung Kota Tegal yang telah memfasilitasi penyusunan buku sejarah Masjid Agung Kota Tegal ini. Suwarso mengapresiasi timnya yang telah bekerja keras menyusun buku ini. “Penyusunan buku ini cukup memakan waktu, tenaga, dan pikiran,” ungkap Suwarso.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Andri Yudi Setiawan yang membacakan sambutan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memberikan apresiasi kepada penyusun, penerbit, dan seluruh tim yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Melalui buku ini, masyarakat dapat memahami perjalanan panjang Masjid Agung Kota Tegal.

BACA JUGA:Ganjar Minta Pendukungnya Tak Terpancing Kasus Boyolali:Hukum Harus Ditegakkan!

Dengan terbitnya ini, Pemerintah Kota Tegal berharap semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memahami dan melestarikan sejarah Masjid Agung Kota Tegal. Pemerintah Kota Tegal berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian dan pengembangan warisan budaya, termasuk masjid-masjid bersejarah yang ada di Kota Tegal. 

“Mari jadikan buku ini sebagai sumber inspirasi untuk terus mempererat tali silaturahmi umat beragama, menjaga kebhinekaan, dan meningkatkan semangat kebersamaan dalam membangun Kota Tegal yang lebih baik,” ucap Yudi. 

BACA JUGA:13 Perempuan Inspiratif dapat Penghargaan dari Bupati Tegal

Buku Masjid Agung Kota Tegal dalam Bingkai Sejarah memuat tentang sejarah berdiri, arsitektur dan perkembangan pembangunan, lalu fungsi dan peran Masjid Agung Kota Tegal, dilengkapi dengan dokumentasi foto. Tidak hanya sejarah yang menggambarkan bangunan fisik, buku setebal 170 halaman ini memotret peran masjid dari berbagai perspektif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: