PMI Kabupaten Pemalang Gelar Jumbara PMR Tingkat Kabupaten

PMI Kabupaten Pemalang Gelar Jumbara PMR Tingkat Kabupaten

MEMBUKA - Bupati Pemalang Mansur Hidayat membuka Jumbara PMR Tingkat Kabupaten Pemalang.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang menggelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Kabupaten Pemalang di Bumi Perkemahan PTP Semugih, kemarin .  Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 23  Desember 2023 diikuti oleh 846 anggota PMR. Kegiatan Jumbara PMR dibuka oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat.

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Brebes Buka Lowongan 6.291 Pengawas TPS

Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, generasi muda merupakan kader-kader pemimpin masa depan bangsa. Untuk itu, dalam rangka menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin maka diperlukan pembinaan yang memadai, terarah dan berkesinambungan. 

BACA JUGA:Diduga Lupa Matikan Tungku, Dapur Masduki di Kabupaten Brebes Terbakar

Menurutnya, pembinaan dapat dilakukan melalui berbagai lembaga/organisasi. Diantaranya PMI lewat Palang Merah Remaja (PMR), Korp Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) PMI Kabupaten Pemalang.

Palang Merah Remaja sendiri , merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR. Dengan tujuan pengkaderan di kalangan remaja. Oleh karena itu, PMI menyiapkan    relawan satu tingkat diatasnya untuk membina PMR agar kader PMI lebih terampil dan kreatif.  Sedangkan PMR difasilitasi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap,  sehingga dapat menjadi remaja yang berkarakter.

BACA JUGA:Diklat Margasari Kabupaten Tegal Juara I U-12

Setelah dilaksanakan selama  3 hari dari tanggal 21 sampai  23 Desember 2023 , kemudian  ditutup oleh Ketua PMI Kabupaten Pemalang Akhmad Patah. Pihaknya berharap  pengalaman yang didapatkan selama jumbara PMR agar disosialisasikan di unit PMR masing-masing. 

Adapun hasil pelaksanaan kegiatan jumbara PMR yang dikuti 846 peserta,  antara lain melakukan kegiatan peningkatan kapasitas lokakarya, workshop, dan uji kompetensi lomba-lomba dengan Juara Umum Jumbara Tahun 2023 PMR tingkat Wira SMA Negeri 3 Pemalang dan  Juara Umum Tingkat Madya SMP Negeri 1 Randudongkal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: