Jusuf Kalla Angkat Jempol untuk PMI Kabupaten Tegal

Jusuf Kalla Angkat Jempol untuk PMI Kabupaten Tegal

BERJALAN - Ketum PMI Mohammad Jusuf Kalla didampingi Bupati Tegal Umi Azizah dan Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Susworo serta jajaran PMI lainnya.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Mohammad Jusuf Kalla menghadiri peringatan Hari Relawan PMI Tahun 2023 tingkat Nasional yang dipusatkan di Pendapa Amangkurat Kabupaten Tegal.

Dalam kesempatan itu, Jusuf Kalla memberikan apresiasi terhadap kinerja jajaran PMI Kabupaten Tegal.

"PMI Kabupaten Tegal sangat bagus. Banyak kegiatan di PMI ini. Markasnya juga bagus. Kegiatannya juga maju. Tidak ada koreksi," kata Jusuf Kalla saat diwawancara sejumlah awak media.

BACA JUGA:SMP Musawerna Kabupaten Tegal Adakan Workshop Nasional

Jusuf Kalla juga menyinggung soal perubahan iklim global. Diharapkan, para relawan harus melakukan penghijauan melalui gerakan menanam pohon.

"Di setiap Kabupaten akan dilakukan pembibitan, kemudian setiap relawan akan menanam 10 pohon setiap tahun, jadi kira-kira 4 juta setiap tahunnya se Indonesia, sekarang ini sudah berjalan. PMI sudah bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan untuk mendukung penghijauan dan penanaman pohon," tegasnya.

Hal senada disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah. Menurutnya relawan PMI Kabupaten Tegal sudah sangat bagus dan aktif.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Bangun Jembatan Apung Penghubung Dua Desa

"Sejauh ini kemitraan dengan kami sudah cukup bagus, setiap ada kejadian bencana selalu terdepan," kata Umi Azizah yang juga hadir dalam acara tersebut.

Menurut Umi, relawan selalu bekerja dalam sunyi, bergerak secepat mungkin karena panduan SOP. Dia menilai, relawan PMI adalah pejuang kemanusiaan yang hadir karena panggilan jiwa. Tidak perlu diragukan lagi komitmennya dalam membaktikan tenaga, pikiran, dan waktu untuk melakukan upaya pelayanan kemanusiaan terbaik kepada masyarakat.

BACA JUGA:Natal dan Tahun Baru, Polres Pemalang Fokus Atur Lalu Lintas dan Amankan Obyek Vital

"Tidak ada sedikit pun waktu atau pun niat menyombongkan diri karena sudah berhasil membantu sesama, menolong orang-orang yang kesusahan dan ditimpa bencana, apalagi sampai mengharap imbal jasa. Mereka, yang saya tahu, tulus ikhlas dalam bertugas," ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Susworo mengaku selama ini pihaknya selalu mempererat hubungan baiknya dengan sesama karyawan dan relawan. Mereka selalu bersatu untuk membantu masyarakat yang dilanda musibah.

"Kalau kata Pak Jusuf Kalla, setiap ada musibah, 6 jam setelahnya relawan PMI harus sudah di lokasi. Tapi saya tekankan lagi, relawan PMI di sini maksimal 2 jam setelah musibah harus sudah di lokasi," tegas Iman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: