Ketahui Syarat dan Cara Pinjaman Dana Koperasi Tanpa Jaminan, Dijamin Aman dan Terpercaya

Ketahui Syarat dan Cara Pinjaman Dana Koperasi Tanpa Jaminan, Dijamin Aman dan Terpercaya

pinjaman koperasi tanpa jaminan--foto investbro.id

Situs yang dioperasikan Kementerian Koperasi dan UKM ini memuat data berbagai koperasi yang sudah berbadan hukum di setiap daerah. Data yang ditampilkan lengkap mulai dari nomor badan hukum, tanggal badan hukum, alamat koperasi hingga sertifikat koperasi.

3. Intip Pembagian SHU

Sebagai calon anggota koperasi, kalian juga berhak memastikan apakah dalam beberapa tahun terakhir ada aktivitas yang dilakukan. Paling tidak koperasi harus menyampaikan anggaran sisa hasil usaha (SHU).

Dan yang terpenting adalah memastikan bahwa koperasi harus merekrut anggota secara terbuka dengan jumlah kesepakatan minimal 20 orang.

Mengenal Jenis-jenis Koperasi

Ada beberapa jenis koperasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain :

  • Koperasi produksi, yang berfungsi menyediakan berbagai bahan baku kegiatan proses produksi para anggotanya.
  • Koperasi konsumsi, yakni koperasi yang menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, gula, tepung hingga gula kepada para anggotanya.
  • Koperasi pemasaran, yang didirikan guna membantu para anggota yang punya usaha untuk mendistribusikan barang atau jasanya hingga ke konsumen.
  • Koperasi serba usaha, yaitu koperasi yang di dalamnya terdapat berbagai usaha, serta
  • Koperasi simpan pinjam, yakni koperasi yang menyediakan pinjaman dana sekaligus tempat menyimpan uang dari masyarakat.

BACA JUGA:3 Jenis Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan yang Cocok Digunakan untuk Memenuhi Kebutuhan Mendesak!

Layanan Koperasi Online

Selain koperasi yang didirikan secara konvensional oleh masyarakat, ada juga koperasi online yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

Beberapa contoh koperasi online yang sudah dipercaya antara lain Koperasi Dana Rahayu. Kalian hanya isi formulir secara online yang terdapat dalam situs resminya. Ada juga koperasi Sahabat Mitra Sejati yang melayani beberapa pinjaman seperti pinjaman usaha dan pinjaman konsumtif.

Hanya saja dari sekian banyak koperasi online ada juga yang menerapkan agunan bagi anggotanya yang meminjam dana. Kuncinya pandai-pandailah kita mencari koperasi online mana yang tidak memberlakukan agunan sebagai persyaratan pinjaman.

 

Demikian informasi beberapa tips dan syarat meminjam dana koperasi tanpa jaminan, dari sekian banyak koperasi ada yang memberlakukan skema pinjaman beragunan dan ada juga yang tidak. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: