7 Pantai dengan Pasir Pink di Indonesia, Sensasi Baru untuk Menyambut Tahun Baru

7 Pantai dengan Pasir Pink di Indonesia, Sensasi Baru untuk Menyambut Tahun Baru

Pantai merah-Kompasiana.com-

DISWAYJATENG - Pantai dengan pesona pasir berwarna pinknya memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap wisatawan.

Keunikan ini menghadirkan pemandangan yang luar biasa, berbeda dengan pantai-pantai umumnya yang memiliki pasir hitam atau putih.

Warna pink pada pasir pantai tidak muncul begitu saja. Ini disebabkan oleh keberadaan organisme kecil di pesisir yang disebut foraminifera atau fora.

Meskipun umumnya ditemukan di laut, beberapa individu foraminifera juga bisa ditemukan di air tawar seperti sungai.

Cangkang foraminifera yang terbuat dari kalsium karbonat memiliki struktur rumit. Mereka menghasilkan pigmen merah atau coklat di terumbu karang, dan ketika bersentuhan dengan pasir putih pantai, memberikan kesan warna pink atau merah muda pada kawasan pesisir.

Keberadaan foraminifera yang umum di kawasan pesisir Indonesia menjadikan berbagai pantai di negara ini memiliki pesona pasir berwarna pink.

BACA JUGA:  Keindahan Pantai Pink Lombok, Eksplorasi Peninggalan Zaman Penjajahan Jepang Sambil Berwisata

Inilah yang membuat pantai-pantai tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 7 pantai pink di Indonesia yang dapat menjadi pilihan:

1. Pantai Merah (Pink Beach), Pulau Komodo

Pantai Merah atau Pink Beach di Pulau Komodo merupakan salah satu pantai dengan pasir berwarna pink yang paling terkenal.

Keindahannya terlihat begitu wisatawan mendekati pulau ini dari kapal, atau saat mengunjungi dari Dermaga Loh Liang. Pesona Pantai Merah semakin lengkap dengan air laut biru jernih di sekitarnya.

2. Pantai Namong, Pulau Komodo

Pulau Komodo juga memiliki Pantai Namong, sebuah kawasan pesisir dengan pasir berwarna pink yang menakjubkan.

Meskipun terlihat seperti pasir putih pada pandangan pertama, keindahan pantai ini semakin terungkap ketika kita semakin mendekat dan menyaksikan warna yang lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: