SD Negeri Kaligangsa 3 Kota Tegal Adakan Market Day

SD Negeri Kaligangsa 3 Kota Tegal Adakan Market Day

MARKET DAY - Kepala SD Negeri Kaligangsa 3 Kota Tegal Lisa Andriani meninjau pelaksanaan market day dan P5.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGALSD Negeri Kaligangsa 3 Kota TEGAL mengadakan market day, hal ini sebagai bentuk Kurikulum Merdeka dan implementasi P5. Adanya Kurikulum Merdeka sejak awal tahun 2022, memiliki tujuan belajar untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Kurikulum Merdeka sudah mulai diimplementasikan mulai tahun ajaran 2022-2023. 

BACA JUGA:Guru Agama akan Diberikan Insentif saat Ganjar Menginap di Wonosobo

Kepala SD Negeri Kaligangsa 3 Kota Tegal Lisa Andriani mengatakan, salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Kurikulum Merdeka adalah adanya kegiatan berbasis projek. Yaitu Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila atau yang kita kenal dengan sebutan (P5). Berdasarkan Permendikbud Ristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan.

BACA JUGA:Menjaring Ikan di Laut, Nelayan Prapag Kidul Kabupaten Brebes Tenggelam

"P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila," katanya.

Market day  di sekolah sudah diadakan, kegiatan ini untuk melatih kewirausahaan peserta didik. Ke depannya, siswa-siswi diharapkan mempunyai karakter profil pelajar pancasila, selain  keterampilan dalam berwirausaha. Peserta didik dari kelas I hingga VI berkumpul di halaman sekolah menampilkan panen hasil belajarnya. 

BACA JUGA:Bupati Tegal Umi Azizah Apresiasi Segenap Insan Kesehatan

“Mereka sangat antusias berkolaborasi dengan guru dan wali murid untuk menyajikan serta menawarkan produk seperti jajanan tradisional dan lainnya,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: