Desa Wisata Wukirsari: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Desa Wukirsari. Cocok Bareng Keluarga!

Desa Wisata Wukirsari: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Desa Wukirsari. Cocok Bareng Keluarga!

Desa Wisata Wukirsari, Bantul Yogyakarta-Dinas Pariwisata DIY-

DISWAYJATENG - Desa Wisata Wukirsari tetap menjadi pilihan yang sangat menarik untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga.

Terletak sejauh 17 km dari pusat Kota Jogja, desa ini tidak hanya menawarkan beragam kegiatan yang menarik dan mengasyikkan tetapi juga menyuguhkan suasana yang penuh kehangatan dan kebersamaan.

Wukirsari, Imogiri, Bantul, kembali menorehkan prestasi sebagai destinasi unggulan di arena pariwisata Yogyakarta.

Desa ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk meraih Juara 1 Desa Wisata Maju 2023 se-Indonesia dari Kemenparekraf. Kemenangan gemilang ini berhasil diraihnya dengan mengungguli 74 desa wisata lain di seluruh Tanah Air.

BACA JUGA:Warung Soto Kadipiro: Cita Rasa Lezat yang Terjaga Sejak 1921

Dengan catatan kunjungan sebanyak 37.168 pada periode 2020-2022, Desa Wisata Wukirsari terus mempertahankan daya tariknya sebagai destinasi yang diminati, meskipun sektor pariwisata mengalami tantangan akibat dampak pandemi sejak tahun 2020.

Secara administratif, Desa Wisata Wukirsari tergabung dalam Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Nama "Wukirsari" sendiri memiliki arti khusus, berasal dari gabungan kata "wukir" yang berarti gunung dan "sari" yang menggambarkan keindahan dan kebaikan.

Desa ini terdiri dari 16 dusun, dan kegiatan wisata tersebar di berbagai dusun tersebut, menambah keberagaman pengalaman yang bisa dinikmati.

Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan di desa wisata terbaik ini:

1. Belajar Membatik di Desa Wisata Wukirsari

Desa Wisata Wukirsari tidak hanya berfokus pada kegiatan belajar membatik, tetapi juga berkomitmen untuk memperkenalkan warisan budaya batik tulis kepada masyarakat.

BACA JUGA:Ini Dia Informasi Menarik Pasar Beringharjo Jogja, Simak Berikut 5 Rekomendasi Kuliner Khasnya!

Beberapa dusun seperti Giriloyo, Karang Kulon, dan Cengkehan menjadi tempat ideal untuk belajar, melibatkan lebih dari 600 pengrajin batik yang siap membimbing pengunjung dalam mengeksplorasi kreativitas mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: