Guru KB di Kabupaten Tegal Berinovasi, Membuat Kereta Api dari Pelepah Pisang

Guru KB di Kabupaten Tegal Berinovasi, Membuat Kereta Api dari Pelepah Pisang

INOVASI - Guru KB MNU Masyithoh Getaskerep Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Nur Mila Roshifa menunjukkan inovasinya berupa mainan kereta api dari pelepah pisang.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Guru dari KB Muslimat Nahdlatul Ulama (MNU) Masyithoh Getaskerep, Kecamatan Talang. Berinovasi membuat mainan kereta api dari pelepah pisang atau batang pohon pisang.

Inovasi dari Nur Mila Roshifa ini terlihat saat mengikuti acara Pameran Inovasi Pendidikan Kabupaten Tegal yang digelar di Gedung Korpri Slawi.

Nur Mila Roshifa merupakan guru KB MNU Masyithoh yang berhasil lolos seleksi inovasi pendidikan dari 300 peserta.

"Jadi yang lolos seleksi awalnya 70 lembaga. Kemudian ditambah lagi menjadi 100 lembaga. Sedangkan pendaftar awalnya 300 peserta," kata Nur Mila Roshifa, saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, media pembelajaran dari bahan alam berupa pelepah pisang ini sangat aman untuk permainan anak-anak. Karena media ini, sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu sebelum ada gadget.

Bahan alam itu, tidak hanya dibuat untuk mainan kereta api, namun juga berupa pedang-pedangan, kuda-kudaan dan lainnya.

"Kenapa kita memilih kereta api, karena anak didik kami sedang mempelajari kendaraan darat," kata Nur Mila.

Pembelajaran bahan alam ini, kata Mila, mencakup 5 aspek positif bagi anak didik. Pertama, anak didik dapat mengetahui ciptaan Allah yang dapat dimanfaatkan untuk media bermain.

Kedua, untuk melatih fisik motorik anak supaya bisa berkreasi. Ketiga, menumbuhkan ide anak supaya lebih kreatif. Keempat, mengajak anak agar tidak selalu membeli ketika ingin mainan kereta api.

Kemudian kelima, anak bisa senang dengan mainan tradisionalnya dan orang tua pun tenang karena anaknya tidak bermain gadget.

"Media pembelajaran ini sudah kami terapkan kepada anak didik kami," sambungnya.

Penilik Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) Koordinator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah Kecamatan (KWK) Talang Retno susilowati mengaku sangat mengapresiasi inovasi tersebut.

Menurutnya, permainan kereta api dari pelepah pisang ini untuk meminimalisir anak-anak bermain gadget.

"Ini inovasi bagus, jarang ada yang berinovasi seperti ini. Permainan yang aman ketimbang gadget," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: