19 Rekomendasi Menu Makanan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

19 Rekomendasi Menu Makanan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

Tahu gejrot salah satu makanan khas Sunda-IDN Times-

DISWAYJATENG - Apa kamu tahu suku sunda itu apa? Suku Sunda tuh sebenernya kelompok etnis yang asli dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia.

Namanya aja Tatar Pasundan, yang artinya wilayahnya meliputi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan sekitar barat Jawa Tengah (dulu Keresidenan Banyumas). 

Dibalik sejarahnya yang panjang, Sunda juga punya makanan khas yang wajib kamu coba. Kalo kamu lagi jalan-jalan ke Jawa Barat, jangan lupa nyicipin makanan khas Sunda yang bikin ngiler. Mau tau apa aja makanan Khas Sunda yang selalu bikin kangen?

Rekomendasi Makanan Khas Sunda:

1. Nasi Liwet

Orang Sunda pasti suka banget ngumpul sambil makan bareng (botram). Kalo lagi makan besar, pasti ada nasi liwet dengan macem-macem lauk, kayak ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, plus sambel.

BACA JUGA:9 Makanan Khas Jakarta yang Mesti Kamu Coba! 

Nasi liwet itu sebenarnya beras yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih, santan, daun salam, lengkuas, sereh, garam, dan penyedap rasa. Trus berasnya dimasak di kastrol sampe harum dan matang.

Setelah matang, nasi liwet disajikan bareng aneka lauk kaya telur dadar, ayam goreng, ikan goreng, tahu tempe goreng, pete, jengkol, tumis oncom leunca, sayur asem, lalapan, dan sambel terasi atau sambel dadak yang enak.

Yang unik, makan nasi liwet atau yang biasa disebut "ngaliwet" ini lebih nikmat kalo dimakan rame-rame di atas daun pisang. Konon katanya, makan nasi liwet rame-rame bisa nambah keakraban.

2. Nasi Timbel

Nasi timbel mirip sama nasi liwet, tapi bedanya nasi timbel pake nasi yang dimasak biasa terus dibungkus daun pisang. Trus nasi timbel disajikan sama lauk kayak ayam bakar atau goreng, tahu-tempe, lalap, sambel, dan sayur asem.

BACA JUGA:12 Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Cicipi. Rasanya Bikin Mau Lagi

"Timbel" dalam Bahasa Sunda artinya "bekal". Jadi, nasi timbel ini dulu biasanya jadi bekal buat para petani yang lagi kerja di ladang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: