5 Modus Pinjol Ilegal yang Bikin Rugi dan Membahayakan Data Pribadi, Nomor 1 Jangan Sampai Diabaikan!

5 Modus Pinjol Ilegal yang Bikin Rugi dan Membahayakan Data Pribadi, Nomor 1 Jangan Sampai Diabaikan!

Modus pinjol ilegal--

DISWAY JATENG - Pinjaman online menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengajukan dana lewat aplikasi atau website. Perlu kamu ketahui modus pinjol ilegal kini marak diberbagai kasus.

Modus pinjol ilegal perlu kamu perhatikan jika ingin mengajukan pinjaman online. Pastika kamu menggunakan pinjol yang sudah terdaftar OJK karena lebih menjamin kemanannya.

Jeratan pinjol ilegal dapat dilakukan dari berbagai modus dengan tujuan menguras uang nasabah. Karena itu, modus pinjol ilegal perlu diperhatikan apabila ada penawaran dari platfrom pinjaman online.

Seringkali modus pinjol ilegal mengatasnamakan platfrom legal untuk menarik nasabah. Simak artikel ini untuk mengetahui modus yang sering digunakan oleh pinjaman online ilegal.

BACA JUGA:Tawarkan Bunga Mulai 0%. Berikut Daftar 5 Pinjol dengan Bunga Rendah!

BACA JUGA:Berikut ini 5 Tips Jitu Keluar dari Jeratan Pinjol! Tak Salah Jika Kamu Mencobanya!

Modus Pinjol Ilegal dan Ciri-Cirinya

Apabila kamu ingin mengajukan pinjaman, perlu mengecek apakah platfrom fintech tersebut terdaftar OJK atau tidak. Berikut modus pinjol ilegal yang kerap dilakukan untuk menarik nasabah.

1. Penawaran melalui chat WhatsApp atau SMS

Modus pinjol ilegal pertama yang sering digunakan yaitu menawarkan pinjaman online lewat SMS atau WA. Umumnya pinjol ilegal akan menawarkan pinjaman dengan limit yang besar tanpa syarat bunga rendah.

Jika kamu mendapatkan penawaran tersebut, sebaiknya jangan sampai tergiur. Cara tersebut merupakan jebakan yang diberikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menarik nasabah.

Menurut OJK, perusahaan fintech tidak boleh menawarkan produk pinjaman keuangan tanpa seizin pengguna melalui perangkat komunikasi pribadi. Setiap fintech legal pasti memiliki persyaratan tetap jika ingin mengajukan pinjaman uang.

BACA JUGA:4 Keuntungan Menggunakan Pinjol untuk Keperluan Bisnis, Tak hanya Cukupi Modal Usaha!

BACA JUGA:4 Kesalahan Menggunakan Pinjol yang Masih Sering Diabaikan oleh Calon Nasabah, Nomor 2 Jangan Terlewatkan!!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: