6 Deretan Makanan Khas Purbalingga dengan Cita Rasa yang Lezat dan Bikin Nagih, Wajib Cicipi!

6 Deretan Makanan Khas Purbalingga dengan Cita Rasa yang Lezat dan Bikin Nagih, Wajib Cicipi!

Makanan Khas Purbalingga--

Proses memasaknya yang cukup lama ini membuat sate blater bisa bertahan sekitar tiga hari jika disimpan di tempat yang aman. Untuk mencicipi kuliner khas ini, kalian bisa langsung datang ke Desa Blater disana akan menjumpai warung yang menjual sate ini dengan harga yang dibanderol sekitar Rp.12.000,- per 10 tusuk satenya.

4. Soto Kriyik Khas Purbalingga

Berkunjung ke Purbalingga kurang afdol rasanya jika tidak mencoba makanan terkenal ini. Soto Kriyik merupakan makanan khas Purbalingga yang selalu menjadi incaran para wisatawan yang berlibur ke Purbalingga. Pasalnya, kelezatan dari makanan berkuah ini tidak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Soto kriyik terbuat dari kombinasi berbagai bahan makanan. Untuk isinya yaitu mie bihun, kecambah dan lontong. Sedangkan, agar rasa yang dihadirkan semakin nikmat, biasanya diberi tambahan jeroan dan ayam. Jika kalian menyukai hidangan pedas, maka dapat menambahkan sambal kacang di dalam makanan ini.

Bagi Kalian yang ingin mencicipi kelezatan dari soto kriyik, kalian bisa datang ke warung yang berada di daerah Desa Bojong. Tempat makan tersebut sudah berdiri lama dan menjadi salah satu paling terkenal menyajikan Soto Kriyik yang lezat. Untuk mencicipinya, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.10.000,- per-porsinya.

5. Cimplung

Purbalingga terkenal dengan hasil umbi umbiannya yang melimpah, khususnya singkong. Hal tersebut membuat masyarakat sekitar memutar otak untuk mengolah singkong agar lebih bervariasi. Salah satu olahan singkong yang bisa dicoba ketika berada di Purbalingga adalah cimplung.

Makanan khas Purbalingga ini terbuat dari singkong atau umbi umbian yang direbus bersama air dan gula merah. Untuk mencicipi cita rasa manis dari jajanan yang satu ini, kalian bisa menjumpainya di pasar tradisional Purbalingga dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya makanan ini dijual dengan harga sekitar Rp.5.000,- per porsi.

6. Tempe Mendoan

BACA JUGA:Wisata Asik GOLAGA! 4 Fakta Menarik Goa Lawa Purbalingga

Siapa yang tidak kenal dengan tempe mendoan. Makanan khas Purbalingga satu ini juga terkenal sebagai kuliner khas dari Jawa Tengah. Berbahan dasar tempe membuat makanan ini enak untuk disantap baik sebagai lauk ataupun camilan.

Jenis tempe makanan khas Purbalingga ini pada sajiannya bukan tempe biasa. Tektsurnya sangat padat sehingga tidak hancur saat kalian memotonganya dengan sangat tipis. Setelah mengirisnya dengan tipis tempe lalu masuk kedalam adonan tepung berbumbu.

Tidak hanya bumbu seperti ketumbar dan garam, adonan tepung pada tempe mendoan ini juga menggunakan daun bawang atau kucai. Tentu saja ini akan menambahkan rasa nikmat yang membuat lidah menari saking lezatnya.

 

Itulah beberapa referensi makanan khas Purbalingga yang bisa dicoba kelezatannya. Makanan khas tersebut bisa ditemukan dengan mudah di berbagai restoran dan warung makan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: