SMK Negeri 2 Kota Tegal Peringati Hari Guru Nasional

SMK Negeri 2 Kota Tegal Peringati Hari Guru Nasional

HARI GURU NASIONAL – Siswa memberikan potongan tumpeng kepada Kepala SMKN 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd usai upacara peringatan HGN.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGALSMK Negeri (SMKN) 2 Kota TEGAL memperingati Hari Guru Nasional 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan menyelenggarakan upacara di Kampus Smeagor. Apabila biasanya yang menjadi pembina upacara kepala sekolah, kali ini dipercayakan kepada siswa, yaitu Raka Wibowo Jatmiko dari Kelas XII TKJ III.

Sedangkan Kepala SMKN 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd bertugas menjadi pemimpin upacara. Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Kolosal Kontemporer oleh siswa dan guru, pemotongan tumpeng yang diserahkan Raka kepada kepala sekolah lalu diberikan kepada pegawai yang akan purna tugas. Siswa kemudian memberikan berbagai kejutan untuk guru mereka. 

BACA JUGA:Indonesia Sumbang 52 Persen Minyak Sawit di Dunia

Kepala SMKN 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd menjelaskan alasan dirinya menjadi pemimpin upacara, sementara pembina upacara dipercayakan kepada siswanya dalam peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI. Ini, menurut Rudi, merupakan upaya dari guru untuk memuliakan peserta didik tanpa membesarkan diri sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

“Jadi guru memuliakan peserta didik dengan harapan menjadi orang bermartabat, tanpa membesarkan diri sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Masih tetap fokus mendidik anak bangsa,” kata Rudi.

BACA JUGA:Harga Ceri Kopi Tingkat Petani di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Naik

Dikatakan Rudi, Hari Guru Nasional 2023 yang sekaligus HUT ke-78 PGRI ini agar dapat dijadikan momentum refleksi bagi guru, khususnya di SMKN 2 Kota Tegal. “Selain menjadi contoh teladan bagi peserta didik, guru juga agar bisa mengarahkan, membimbing, dan mensinergikan peserta didik dengan kemajuan zaman,” pesan Rudi.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMKN 2 Kota Tegal Dasto SPd menyampaikan, acara peringatan Hari Guru Nasional 2023 dan HUT ke-78 PGRI juga dijadikan ajang untuk menampilkan kreativitas siswa yang telah digodog dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tari Kolosal Kontemporer yang ditampilkan guru dan siswa untuk menjaga kedekatan guru dan siswa.

BACA JUGA:Belanja Daerah Pemprov Jateng Disepakati Rp28,5 Triliun, Insentif Guru Agama Dialokasikan untuk 230.830 Orang

Para guru juga merasa sangat terkesan dengan kejutan yang diberikan siswa. Dasto mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras, sehingga acara berlangsung dengan lancar dan sukses. “Semoga sangat bermakna bagi guru dan siswa. Selamat Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI,” ucap Dasto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: