15 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Versi Webometrics, Nomor 1 Masuk ke 10 Besar Nasional!

15 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Versi Webometrics, Nomor 1 Masuk ke 10 Besar Nasional!

universitas terbaik di jawa tengah versi webometrics--

10. UIN Walisongo Semarang, peringkat di Indonesia 83

BACA JUGA:10 Deretan Universitas Terbaik di Tegal, Simak Apakah Kampusmu Termasuk?

Metodologi Pengambilan Ranking Universitas Terbaik di Jawa Tengah Versi Webometrics

Untuk pengambilan ranking universitas terbaik versi Webometrics terdapat tiga indikator yang digunakan. Setiap indikator tersebut digunakan untuk menujukkan performa darti setiap perguruan tinggi.

Berikut ketiga indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan saat ini:

1. Visibilitas

Indikator pertama ayaitu visibilitas, yaitu dampak konten website dari perguruan tinggi. Metode ini dapat dilihat dari jumlah jejaring atau situs univ yang terhubung dengan situs resmi kampus. 

Sumber indikator visibilitas adalah Ahref Majestic dan diberi bobot 50 persen. Dengan menggunakan metode ini, pemeringkatan universitas valid.

2. Transparansi

Indikator yang kedua yaitu tranparansi, merupakan salah satu metode para peneliti universitas yang dikutip. Tranparansi dapat dilihat dari jumlah sitasi 310 peneliti, dan mencakup sampai 20 outlier.

Sumber indikator transparansi yang digunakan yaitu Google Scholar Profiles dan bobotnya sebesar 10 persen. Indikator tersebut valid untuk digunakan dalam pemeringkatan universitas.

BACA JUGA:20 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank, Nomor 1 Masuk 10 Besar Nasional!

3. Excellence

Indikator yang terakhir yaitu keunggulan atau Excellence. Metode ini dapat diliat melalui riset yang paling dikutip oleh peneliti universitas.

Metodologi indikator keunggulan merupakan jumlah penelitian di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip dari setiap 27 bidang disiplin. Data indikator keunggulan tersebut ditarik dari tahun 2018-2022 dengan sumber indikator yaitu Scimago dan diberi bobot 40 persen.

Apa Saja Keunggulan dari Universitas Terbaik di Jawa Tengah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: