10 Deretan Universitas Terbaik di Tegal, Simak Apakah Kampusmu Termasuk?

10 Deretan Universitas Terbaik di Tegal, Simak Apakah Kampusmu Termasuk?

Universitas terbaik di Tegal, salah satunya Universitas Panca Sakti--

DISWAYJATENG - Kota Tegal, sebuah wilayah otonom di provinsi Jawa Tengah, memainkan peran penting dalam sejarah sebagai cikal-bakal berdirinya Korps Marini, seperti yang tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers.

Terletak berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat dan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kota Tegal, atau yang sering disebut Tegal Laka-Laka, memiliki pesona tersendiri dengan beragam kuliner dan tempat wisata yang menjadikannya salah satu tujuan yang menarik.

Selain menjadi tempat wisata yang menarik, Tegal juga menawarkan pilihan pendidikan tinggi yang berkualitas. Jika Anda berencana melanjutkan studi di Tegal, ada beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi yang layak dipertimbangkan.

Pertimbangan ini meliputi biaya pendidikan, pilihan jurusan, dan kondisi lingkungan kampus yang mendukung. Berikut adalah 10 universitas terbaik di Kota Tegal:

1. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tegal

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tegal yang terletak di Jalan Sipelem No.22, Kecamatan Keraton, Tegal Barat, menawarkan berbagai program studi, termasuk Sistem Informasi (D3 & Sarjana D/S), Sistem Informasi Akuntansi (D3), dan Teknologi Komputer (D3).

BACA JUGA:5 Daftar Mie Ayam Tegal: Rekomendasi Berburu Kuliner Lezat di Jawa Tengah

Selain itu, kampus ini memiliki kelas pagi dan kelas malam, memberikan fleksibilitas bagi mereka yang ingin bekerja sambil kuliah. UBSI Tegal juga menyediakan tiga jenis beasiswa: Beasiswa Prestasi, Beasiswa Talenta, dan Beasiswa Kompetensi.

2. Universitas Panca Sakti Tegal

Universitas Panca Sakti Tegal, disingkat UPS Tegal, merupakan salah satu universitas yang memegang nilai Pancasila. Universitas ini memiliki berbagai fakultas, termasuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan, dan Fakultas Teknik. UPS Tegal juga menawarkan program Sarjana dan Pasca Sarjana.

3. Institut Agama Islam Bakti Negara

Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal, terletak di Jl. Jeruk No. 09 RT. 04 RW. 02, Kedungcokol, Kel. Procot, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, adalah institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada studi agama Islam.

BACA JUGA:6 Rumah Makan di Tegal Murah dan Enak, Nomor 3 Enaknya Kebangetan!

IBN memiliki tiga fakultas: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Ushuludin, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

4. STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi (BHAMADA)

STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi, yang terletak di Jl. Cut Nyak Dhien No.16, Kel. Kalisapu, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, menawarkan program pendidikan diploma dan strata 1 dalam bidang kesehatan. STIKES BHAMADA menyediakan program Sarjana Ilmu Keperawatan, Profesi Ners, Ilmu Kebidanan, serta berbagai program D3.

5. AMIK YMI Tegal

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer YMI Tegal memiliki dua program studi: D3 Manajemen Informatika dan D1 Manajemen Informatika. Kampus ini berlokasi di Jalan Raya Dampyak No.KM 4, Kedondong, Padaharja, Kecamatan Kramat, Tegal.

6. Akademi Perikanan Baruna

Akademi Perikanan Baruna menawarkan program studi dalam bidang perikanan, termasuk Budidaya Perikanan, Mesin dan Peralatan Perikanan, serta Teknik Penangkapan Ikan. Kampus ini berada di Jalan Slawi-Jatibarang Km 04, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal.

7. Politeknik Purbaya

Politeknik Purbaya adalah salah satu institusi pendidikan teknik pertama di Kabupaten Tegal. Kampus ini terletak di Jalan Pancakarya No.1, Kalimati, Kajen, Kecamatan Talang, Tegal. Politeknik Purbaya menawarkan program studi D3 Teknik Informatika dan D3 Teknik Mesin.

8. Politeknik Harapan Bersama

Politeknik Harapan Bersama dibuka pada tahun 2002 dan terletak di Jalan Dewi Sartika No. 71 Pesurungan Kidul, Tegal. Politeknik ini menawarkan berbagai program studi, termasuk Teknik Mesin, Teknik Komputer, Akuntansi, Teknik Elektro, Kebidanan, dan Farmasi pada jenjang D3 dan D4.

9. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, yang terletak di Jalan Semeru No.3 Tegal, adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang diatur oleh Kementerian Perhubungan. Politeknik ini memiliki fokus pada bidang transportasi dan keselamatan jalan.

10. Politeknik Muhammadiyah Tegal

Politeknik Muhammadiyah Tegal merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri pada tahun 2020. Kampus ini terletak di Jalan Wahid Hasyim No.1 Tegal dan menawarkan program studi seperti Teknik Elektro, Teknologi Tekstil, Desain Produk, dan Akuntansi.

Demikianlah beberapa pilihan perguruan tinggi yang dapat Anda pertimbangkan di Kota Tegal. Setiap institusi ini memiliki program studi yang beragam dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswa. Selamat memilih dan selamat berkuliah(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: