Mantap! Dinsos Kabupaten Tegal Lakukan Pengembangan SDM PKH

Mantap! Dinsos Kabupaten Tegal Lakukan Pengembangan SDM PKH

Kepala Dinas Sosial , Iwan Kurniawan melakukan pengembangan SDM PKH di aula kantor dinas. -Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berperan penting, dalam menghadapi tuntutan tugas dan pekerjaan dalam suatu organisasi sekarang maupun yang akan datang.

Untuk memastikan tujuan pengembangan SDM tercapai, dibutuhkan suatu alat yang disebut strategi. Strategi memberikan arah tindakan dan cara bagaimana tindakan harus dilakukan agar tujuan pengembangan SDM dapat tercapai seperti pada pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Agar Program Kemiskinan Tepat Sasaran, Dinsos Lakukan Desiminasi Data Kemiskinan

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Iwan Kurniawan menyatakan, bahwa pengembangan  SDM pada pendamping PKH penting dilakukan karena pendamping PKH merupakan SDM yang secara langsung berinteraksi dengan peserta PKH dan mengetahui permasalahan di lapangan.

"Untuk strategi penguatan PKH tahun 2020-2024 telah kami susun. Disana ada penguatan MIS dan link ke BDT/ SIKS, penguatan pendampingan, dan peguatan modul FDS ( gizi, ekonomi, dan lansia) ," ujarnya Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:Dinsos Bakal Berdayakan Relawan Kampung Siaga Bencana

 Terkait penguatan kelembagaan PKH secara internal Kemensos menjalin kerjasama lintas program baik untuk masalah data, komplementaritas, pendamping, dan pengadu. 

 Secara eksternal melalui revitalisasi peran tim koordinasi di pusat dan daerah, dan kerjasama  luar negeri dengan Bank Dinia, ADB, Unicef, WFC, GIZ, dan Tanoto Foundation," cetusnya. 

Ditegaskan tujuan peningkatan SDM PKH diantranya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap SDM pelaksana PKH, melakukan sosialisasi  kebijakan pelaksanan program PKH, dan memberian kemampuan teknis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi SDM pelaksana PKH.

BACA JUGA:Tekan Kemiskinan Ekstrim, Dinsos Pantau Program Pelatihan Ternak Kambing

Diharapkan  tupoksi pendamping sosial PKH agar senantiasa menjaga ruh program PKH didalam pelaksanaan FDS atau P2K2 kepada KPM. Keberhasilan Program Keluarga Harapan tentunya tidak lepas dari peran para penyelenggaranya yaitu para SDM PKH yang professional, " ungkapnya.

BACA JUGA:Validasi Data Kemiskinan, Dinsos Undang Seluruh Kades dan Lurah

Terpisah Korkab PKH Kabupaten Tegal Mamun menyatakan, bahwa mekanisme pendampingan saat ini mengalami perubahan, yang dulu hanya fokus pada program PKH, saat ini SDM pendamping PKH juga diharuskan mendampingi beberapa program Kemensos seperti program PENA, Rumah Singgah Terpadu, dan bantuan permakanan lansia serta disabilitas. (ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: