Sejarah dan Mitos Pantai Indrayanti Gunungkidul, Menyimpan Keindahan yang Hakiki!

Sejarah dan Mitos Pantai Indrayanti Gunungkidul, Menyimpan Keindahan yang Hakiki!

pantai indrayanti--foto detik travel

DISWAY JATENG - Pantai Indrayanti adalah pantai yang aneh? kenapa? karena nama pantai ini lebih cocok untuk nama manusia daripada nama pantai! Entah percaya atau tidak, ada sebuah informasi yang ada disini yang mengatakan bahwa pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini tidak pernah tercatat resmi. Tidak pernah ada pantai Indrayanti.

Dan ternyata asal mula pantai Indrayanti itu hanyalah nama sebuah cafe yang ada didekat pantai, yaitu cafe Indrayanti sesuai nama istri pemilik cafe.

Nama pantai itu sebenarnya bukanlah Indrayanti, tapi karena orang-orang yang berkunjung kesana bingung dalam menyebutkan nama pantai, akhirnya menyebut nama "indrayanti" sesuai nama cafe yang ada di pantai tersebut. Kapan-kapan jika kalian ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke pantai ini. karena dipantai ini ada banyak pasir putih yang indah.

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang eksotik yang ada di desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Mendengar namanya menjadi tertarik untuk mendatanginya.

BACA JUGA:Siap-Siap Liburan di Yogyakarta Yuk, Simak Inilah Keindahan, Fasilitas dan Mitos Pantai Indrayanti!

Sesampai di pantai Sundak, sempat mengalami kebingungan. Di mana letak pantai Indrayanti. Kuteruskan saja laju mobil perlahan-lahan. Hingga akhirnya ditemukan sebuah papan penunjuk: Parkir Pantai Indrayanti. Tanpa pikir panjang, segera masuk ke areal parkir luas yang terletak persis di tepi pantai itu.

Segera berlari menuju ke pantai. Dan semakin terkejut dibuatnya, ketika mulai menginjakkan kaki di atas karang-karang landai. Terbayang pemandangan ala Karimunjawa yang terkenal dengan terumbu karangnya. Aneka jenis koral tampak menghiasi koral-koral keropos berwarna kecoklatan. Aneka tumbuhan laut menghiasai koral-koral itu. Pemandangan itu membawa sejuta pertanyaan tentang keberadaan terumbu karang di pantai Indrayanti. 

Pola dan jenis koral yang tampak di mata seperti menunjukkan bahwa inilah kehidupan terumbu karang. Pemandangan yang tidak ditemukan di pantai lain. Dan percaya jika pantai Indrayanti tertutup air laut yang tenang, jadilah sebuah terumbu karang yang sangat indah.

Genangan air laut di atas karang itu hanya terjadi ketika air laut pasang. Ketika air laut surut, karang-karang itu akan muncul di permukaan. Ribuan orang pun menginjakkan kaki di atasnya. Situasi ini tentu menggangu kehidupan di sekitar karang itu. Hanya jenis-jenis biota laut tertentulah yang bisa hidup dalam situasi seperti itu.

Tidak mengherankan jika kehidupan yang dipandang sebagai terumbu karang itu tidak stabil. Terumbu karang itu telah mati. Hanya sedikit saja yang tersisa dan mampu bertahan hidup. Yang pasti, sisa-sia kehidupan di pantai Indrayanti menyisakan sebuah misteri. Melihat sendiri kehidupan dan sisa-sisanya, muncul sebuah pertanyaan tentang misteri terumbu karang di pantai Indrayanti.

Lepas dari adanya misteri terumbu karang, keindahan dan eksotisme Pantai Indrayanti tidak perlu diragukan lagi. Ada satu faktor penting yang harus dicatat sekaligus menjadi rahasia keindahan yang tetap terjaga.

Pantai Pulang Syawal atau yang lebih dikenal denggan pantai Indrayanti ini berbasis investasi pribadi, bukan investasi pemerintah. Mulanya ada seorang pengusaha restoran yang membuka resto di tempat ini. Namanya Indrayanti. Restoran inilah yang kemudian melambungkan nama pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti lebih dikenal dibandingkan nama aslinya.

Biasanya, Pemerintah hanya menginginkan hasil. Tidak peduli dengan tata kelolanya. Yang terpenting adalah masih bisa memetik hasilnya. Kalian bisa membandingkan tempat wisata yang dikelola pemerintah dan dikelola swasta. Posisi inilah yang membedakan pantai Indrayanti dengan pantai lain.

Kebersihan menjadi prioritas. Hampir di setiap sudut ada tempat tong sampah. Kondisi ini menjadikan pantai Indrayanti terlihat bersih dan nyaman. Para pengunjung benar-benar dimanjakan dengan kebersihannya dan merasa betah berlama-lama di tempat ini. Jika kalian tidak memiliki habitus meletakkan sampah di tempatnya, jangan kaget kalau kalian akan dijatuhi denda ketika berada di area pantai Indrayanti karena kecerobohan membuang sampah di sembarang tempat. Sebuah fenomena yang sangat jarang ditemui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: