6 Cara agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

6 Cara agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

Ini Dia 6 Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Banyak debitur yang mengeluhkan pinjol sering menghubungi kontak, hal ini hidup menjadi tidak tenang karena data pribadi bisa disalah gunakan oleh berapa oknum aplikasi pinjol.

Rata - rata pinjol meminta kontak darurat lebih dari 1 bahkan 2 ataupun 3 kontak darurat yang diminta. Tujuanya agar tetap bisa menghubungi jika debitur menghilang.

Biasanya aplikasi pinjol akan meminta izin untuk mengakses nomor kontak, lokasi, jaringan internet, sms, serta telepon Kamu. Bahkan lebih parahnya lagi, ada pinjol yang meminta akses media sosial, internet banking, hingga e-commerce para nasabahnya. 

Biasanya pinjol menghubungi kontak darurat jika debitur telat bayar. Bisa juga mereka menghubungi kontak darurat ketika debitur susah dihubungi ataupun disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Jangan Takut, Ini 6 Tips Jitu Menghadapi DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah

Berikut ini 6 cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat :

1. Ancam Dengan Hukum

Semua instansi, lembaga, serta penyedia jasa lainnya pasti beroperasi berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia. Maka dari itu jika ternyata pihak pinjol terbukti melakukan tindakan bersalah, maka segera saja laporkan pada pihak berwajib.

2. Hubungi Satgas OJK

Pelanggaran tersebut bisa berdampak pada pencabutan izin usaha sehingga pinjol harus patuh pada semua peraturan pinjaman dana dari OJK. Kalian bisa menghubungi Satgas Waspada Investasi, dan kamu dapat menghubungi OJK jika dalam kurun waktu tertentu setelah kamu melunasi semua utang tetapi merasa jika terjadi penyalahgunaan data pribadi.

Melaporkan aplikasi tersebut ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar diproses apakah aplikasi tersebut memang betul-betul di bawah pengawasan OJK. Jika terbukti aplikasi ilegal tentunya pihak OJK akan memblokir aplikasi tersebut. 

3. Hindari Bentuk Perijinan Akses Aplikasi

Apabila terdapat permintaan yang demikian, maka segera tap tolak saja. Pasalnya melalui perijinan tersebut, pihak pinjol bisa membaca seluruh data pribadi kalian termasuk kontak.

Cara agar pinjol tidak bisa mengakses kontak HP milikmu yang pertama adalah, dengan menolak izin akses kontak, kepada pihak aplikasi pinjol ketika baru pertama kali menggunakannya.

Sebab, izin ini memungkinkan aplikasi bisa membaca kontak yang ada di HPmu, oleh karena itu kamu jangan klik setujui akses kontak, hal ini bertujuan agar data pribadimu tetap terjaga dan aman.

BACA JUGA:3 Trik dan Tips Mengatasi Galbay Pinjol Tanpa Ribet Agar Aman dari Penagihan DC

4. Rekam Percakapan 

Apabila pinjol masih menghubungi kontak darurat, maka rekam semua percakapan sehingga nantinya bisa digunakan sebagai bukti dalam proses hukum. Tentunya selama ada indikasi penyalahan aturan, maka rekaman tersebut akan sangat membantu.

5. Reset Pengaturan Perijinan

Jika pihak pinjol meminta nomor kontak darurat, ketika baru pertama kali mendaftar, alangkah lebih baiknya kamu tidak memasukan nomor keluarga atau teman dekatmu.

Karena cara ini, dapat menghindarkan teman dekat atau keluargamu, ketika kamu belum membayar sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Berikut langkah-langkah dalam melakukan riset perijinan aplikasi pinjol.

Silahkan buka pengaturan HP kalian.

Kemudian pilih menu Aplikasi atau Pengelola Aplikasi.

Tap Aplikasi Pinjol yang ingin kalian atur ulang perijinannya.

Kemudian pilih menu Izin Aplikasi.

Matikan semua perijinan sehingga pihak pinjol tidak sempat mengambil semua data pribadi kalian.

BACA JUGA:3 Solusi Galbay Pinjol Legal Agar DC Tidak Mengunjungi Rumah

6. Mengganti Kartu SIM

Terakhir, jika pihak pinjol menghubungimu terus menerus melalui pesan singkat atau sms, kamu bisa mengambil sikap untuk langsung menganti SIM dengan nomor baru yang tidak dikenal oleh pihak pinjol.

Demikian ulasan beberapa cara agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat, bahwasanya ini dijadikan pelajaran untuk debitur agar tidak mengulangi yang kedua kalinya, karena pinjol berdampak sangat serius jika sudah terjerat. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: