Dinsos Kabupaten Tegal Apresiasi Program 'PENA'

Dinsos Kabupaten Tegal Apresiasi Program 'PENA'

Korkab Program PKH Kabupaten Tegal mendampingi penyerahan bantuan program PENA.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG -  Digulirkannya  program Pahlawan Ekonomi Nasional (PENA) bagi KPM Program keluarga harapan, yang telah mandiri mendapatkan apresiasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal.

Kepala  Dinas Sosial, Iwan Kurniawan melalui Kabid Limjamsos, NA Hakim menyatakan, bahwa  program PENA tersebut diinisiasi Kementrian Sosial.

BACA JUGA:Jelang Musim Hujan, Dinsos Siapkan Kebutuhan Dasar Permakanan

"Kementerian Sosial meluncurkan Program PENA, untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat penerima bantuan sosial agar dapat mengembangkan usahanya," jelasnya, Jumat 17 November 2023.

Dipaparkan, penerima bantuan PENA adalah penerima bantuan sosial, antara lain peserta PKH aktif, peserta BPNT aktif dan peserta PKH non aktif yang sebelumnya sudah dilakukan assesment terukur sesuai usaha yang ditekuninya.

BACA JUGA:Tekan Kemiskinan Ekstrim, Dinsos Pantau Program Pelatihan Ternak Kambing

Terpisah koordinator kabupaten (Korkab) Program PKH Mamun Warnoto menyatakan, KPM PKH graduasi atau yang sudah mandiri tahun 2023 di Kabupaten Tegal yang tersentuh bantuan PENA sebanyak 149 KPM.

"Dari jumlah tersebut, untuk pelatihan dan penyaluran bantuan dibagi menjadi 4 tahap. Ditahap I untuk 2 KPM, tahap II 1 KPM, tahap III 52 KPM, dan tahap IV 94 KPM," cetusnya.

Pihaknya juga tegaskan untuk tahap IV pelatihan akan dilaksanakan bulan ini dan sekaliugus penyerahan bantuannya.

BACA JUGA:Mantap! Tahun 2023, Dinsos Kabupaten Tegal Gelontoran Bantuan Asistensi Sosial Rp 1.590.104.000

Diharapkan bantuan tersebut  dapat memicu semangat untuk berwirausaha mengembangkan usahanya. Kabid Limjamsos Dinas Sosial  juga  mengucapkan terima kasih banyak kepada Kementerian Sosial yang telah meluncurkan program PENA ini.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Sosialisasikan Penerbitan Izin PUB

"Harapannya semoga adanya program ini penerima bantuan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini agar dapat membantu perekonomian rumah tangganya dan bisa lepas dari ketergantungan pada bantuan pemerintah sehingga bisa graduasi secara mandiri," ungkapnya (ADV) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: