Cegah Stroke dan Hipertensi, Lansia di Kecamatan Warungpring Pemalang Ikuti Senam

Cegah Stroke dan Hipertensi, Lansia di Kecamatan Warungpring Pemalang Ikuti Senam

SENAM - Lansia saat melakukan senam bersama untuk menjaga kesehatan.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sebanyak 45 Lansia di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring mengikuti senam bersama. Sebagai upaya untuk mencegah stroke dan hipertensi atau darah tinggi yang rentan terjadi di usia lanjut. 

Ketua TP PKK Desa Cibuyur Tri Widyawati mengatakan, senam bersama merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggu. Senam termasuk dalam Bina Keluarga Lansia (BKL) Mawar Desa Cibuyur. Yang aktif dalam berbagai kegiatan dan penuh semangat untuk lansia yang sehat dan bahagia. 

BACA JUGA:Danau Beko Margasari Tegal: Pesona Alam yang Mencengangkan di Jantung Jawa Tengah

"Senam berlangsung sekitar 15 menit dilanjutkan senam kreasi 5 menit. Sehingga totalnya hanya 20 menit," katanya.

Singkatnya, waktu senam dimanfaatkan oleh para lansia yang mayoritas adalah ibu-ibu demi menjaga kesehatan tubuh. Gerakan senam cukup sederhana dan menyesuaikan. Sehingga bisa dilakukan oleh semua lansia dengan mengikuti instruktur.

"Ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyakit, seperti stroke dan darah tinggi," tambahnya.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga HP Nokia G31 Terbaru, Bawa Quick Charging Unisoc T612

Kholidah, kader kesehatan Desa Cibuyur menjelaskan, semua peserta senam sudah terdata dengan baik dalam BKL. Diharapkan semangat mereka terus tumbuh agar bisa berjalan dengan lancar. Seperti senam bersama ini demi menjaga kebugaran tubuh.

Jadi, meskipun usianya sudah lanjut. Ada kegiatan bermanfaat yang tentunya banyak diharapkan lansia. Apalagi menyangkut masalah kesehatan. 

"Peserta semakin bertambah dan semangat mereka sangat tinggi. Dalam kegiatan BKL yang salah satunya senam bersama," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: