Menikmati Keindahan Alam dan Sejarah di Wisata Goa Lawa Purbalingga, Simak Ini Faktanya!

Menikmati Keindahan Alam dan Sejarah di Wisata Goa Lawa Purbalingga, Simak Ini Faktanya!

wisata Goa Lawa Purbalingga--

DISWAYJATENG - Purbalingga, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan kekayaan industri, namun juga memiliki destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Wisata Goa Lawa Purbalingga.

Kabupaten ini, yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, Banjarnegara, dan Banyumas, memiliki penduduk yang mencapai 1.021.443 jiwa menurut data BPS tahun 2021.

Selain menjadi pusat industri pembuatan bahan baku untuk bulu mata palsu dan knalpot kendaraan, Purbalingga juga menyimpan keindahan alam dan sejarah yang patut untuk dijelajahi. Goa Lawa, yang artinya goa kelelawar, adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di kabupaten ini.

Mengenal Wisata Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga terletak di Desa Siwarak, Karangreja, dan memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer dengan luas mencapai lima kilometer.

BACA JUGA:Keindahan Tersembunyi di Kota Cilacap, Inilah Panorama Pantai Teluk Penyu, Simak Harga Tiketnya!

Goa ini terbentuk dari endapan batuan gamping dan aliran lava yang membeku. Selain keindahan alamnya, goa ini juga memiliki kisah sejarah yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Menurut cerita yang beredar, pada masa berkembangnya Agama Islam di zaman kerajaan Majapahit, dua penyebar agama Islam bernama Ahmad dan Mohammad dikejar oleh Ki Sutaraga, seorang Senopati Majapahit.

Keduanya bersembunyi di dalam Goa Lawa, dan setelah keluar dari goa, mereka berhasil menipu Ki Sutaraga dengan cerita palsu bahwa mereka telah dimakan oleh harimau.

Fakta Menarik Wisata Goa Lawa Purbalingga

Saat berkunjung ke Goa Lawa, Anda tidak hanya akan menemukan keindahan alam goa, tetapi juga berbagai objek menarik lainnya yang dikelola oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA:Kamu Berani Berwisata ke Tempat ini? 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Kambangan

1. 14 Ruangan Dalam Goa Lawa

Di dalam goa, terdapat setidaknya 14 ruangan dengan nama yang unik seperti Goa Batu Semar, Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, dan lainnya. Suasana dalam goa diterangi oleh lampu warna-warni yang menambah keindahan tempat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: