Kampung Warna Bobotsari: Keajaiban Warna di Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Kampung Warna Bobotsari: Keajaiban Warna di Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Kampung Warna Purbalingga--

DISWAYJATENG - Liburan kali ini, jika kamu berencana mengunjungi destinasi wisata yang unik dan penuh warna, Kampung Bobotsari di Purbalingga, Jawa Tengah, mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kampung ini telah sukses mencuri perhatian pengunjung dengan keunikan desain rumah, jalanan, dan sekolah yang dihiasi warna-warni cerah dan lukisan-lukisan kreatif.

Dengan 36 rumah yang menjadi kanvas besar, Kampung Bobotsari bukan hanya tempat liburan biasa, tetapi juga surganya para penggemar fotografi yang ingin mengabadikan momen-momen berharga.

 Keindahan Kampung Bobotsari

 1. Desain Unik 36 Rumah

Kampung Bobotsari menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan dengan 36 rumah yang dicat dengan warna-warni mencolok.

BACA JUGA:Keindahan Tersembunyi di Kota Cilacap, Inilah Panorama Pantai Teluk Penyu, Simak Harga Tiketnya!

Rumah-rumah ini tidak hanya menjadi daya tarik visual, tetapi juga menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto. Setiap rumah dihiasi dengan lukisan-lukisan kreatif, mulai dari gambar Ratu Kidul, Doraemon, hingga Batman.

Mirip dengan konsep kampung 3D Blitar, Kampung Bobotsari memadukan seni lukis dengan ilusi optik untuk menciptakan suasana yang unik.

 2. Ilusi Optik dan Spot Foto Menarik

Kampung Bobotsari menyajikan sejumlah spot foto favorit dengan rekayasa ilusi optik yang menarik. Pintu ajaib, lukisan ikan hiu, burung kakatua, dan lukisan air seolah-olah tertuang di telapak tangan pengunjung menjadi daya tarik tersendiri.

Selain dinding rumah yang dihiasi, jalanan dan area sekolah juga dirancang dengan ornamen-ornamen cantik berbentuk bunga dari bahan plastik warna-warni.

3. Zona Tiga Dimensi, Zona Warna, dan Zona Lorong

Kampung Bobotsari dibagi menjadi tiga zona dengan karakteristik yang berbeda. Zona Tiga Dimensi menampilkan lukisan-lukisan yang menciptakan ilusi tiga dimensi.

BACA JUGA:Kamu Berani Berwisata ke Tempat ini? 4 Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Kambangan

Zona Warna adalah area yang dipenuhi warna-warni cerah pada rumah-rumah dan ornamen-ornamen di sekitarnya. Sementara Zona Lorong menawarkan pengalaman fotografi yang unik dengan lorong-lorong yang dihiasi kreatif.

Inspirasi dan Perubahan Positif

Kampung Bobotsari mungkin terinspirasi oleh keberhasilan wisata kampung warna-warni di Bogor yang viral dan sukses mengubah kawasan kumuh menjadi destinasi wisata. Keberadaan Kampung Bobotsari tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga mengubah perilaku penduduk setempat.

Dulu, kampung ini hanya kawasan kumuh biasa, tetapi sekarang telah menjadi destinasi wisata yang ramah dan menyambut baik kedatangan wisatawan.

Menurut informasi dari datawisata, 36 rumah di Kampung Bobotsari dicat warna-warni dengan berbagai cat dan dihiasi dengan gambar-gambar unik.

Lukisan-lukisan tersebut menghiasi dinding rumah seperti gambar Ratu Kidul, Doraemon, Batman, dan lainnya. Spot-spot favorit seperti ilusi optik dan lukisan-lukisan kreatif tidak hanya ada di dinding rumah tetapi juga di jalanan dan area sekolah.

Kampung Baru yang Menjadi Magnet Wisata

Meski awalnya bernama Kampung Baru, kampung wisata ini baru diresmikan pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72.

BACA JUGA:Bingung Mencari Destinasi Wisata yang Edukasi? Cobalah Berkunjung Ke Purbasari Pancuran Mas! Inilah Ulasannya!

Sejak dibuka, hampir setiap hari Kampung Bobotsari diserbu oleh pengunjung lokal dan luar kota, terutama kalangan anak muda kekinian yang hobi berburu destinasi fotoable.

Hal ini bukanlah hal yang aneh, mengingat remaja jaman now sangat antusias terhadap kegiatan berburu wisata yang Instagramable. Kampung Bobotsari kemudian menjadi incaran para penggiat foto yang ingin mengabadikan momen seru di Purbalingga.

Walaupun tergolong sebagai wisata baru, pihak pengelola Kampung Bobotsari telah menunjukkan profesionalisme dalam mengelola destinasi ini. Ada sekitar 30 remaja di desa Bobotsari yang tergabung dalam tiga tim, yaitu tim kreatif, tim pemasaran, dan tim pelayanan.

Tim kreatif bertugas melakukan survei terhadap lukisan-lukisan yang paling digemari pengunjung dan mencari ide-ide inovatif untuk masa depan. Mereka juga rutin mengganti lukisan yang paling populer setiap tiga bulan.

Pemuda-pemuda di kampung Bobotsari bertanggung jawab mengumpulkan sampah warga dan pengunjung setiap dua hari sekali. Sementara itu, warga setempat dikenakan iuran sampah sebesar Rp. 500 per hari.

 

Jika kamu berminat untuk berkunjung dan berswafoto di Kampung Bobotsari, alamatnya berada di Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dengan kode pos 53353.

Selain Kampung Bobotsari, kamu juga bisa menjelajahi wisata Kampung Kurcaci Purbalingga yang menawarkan edukasi. Jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati waktu liburanmu(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: