SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal Adakan Gelar Karya Kedua

SMP Negeri 2 Bumijawa Kabupaten Tegal Adakan Gelar Karya Kedua

BERSAMA-Guru dan siswa sedang sarapan bersama sebelum P5 dimulai di SMP Negeri 2 Bumijawa.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5. Merupakan salah satu program pembelajaran yang terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan bertujuan untuk menguatkan karakter para siswa. Ada tujuh tema dalam program P5, Salah satunya adalah tema Gaya Hidup Berkelanjutan. 

"SMP Negeri 2 Bumijawa mengangkat tema itu dalam projek kedua di semester ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024. Baik untuk kelas VII maupun kelas VIII," kata Kepala SMP Negeri 2 Bumijawa Slamet Riyanto.

BACA JUGA:BRI Salurkan Bantuan CSR ke Ponpes Assalaf Al Anwar, Desa Bulu, Kabupaten Pemalang

Sedangkan tema yang diangkat adalah Mengubah Kebiasaan Mengurangi Sampah Plastik. Tema itu diangkat, karena hampir 90 persen sampah yang dihasilkan di SMP Negeri 2 Bumijawa adalah sampah plastik dari bungkus makanan atau jajanan. Kegiatan itu dilaksanakan  mulai dari 30 Oktober sampai dengan 11 November 2023. 

Adapun rangakaian kegiatannya dimulai dengan sosialisasi program pada siswa, orang tua atau wali murid, dan para pedagang. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi di setiap kelas berupa ecofriendly, ecomapping, ecobrick, dampak kerusakan lingkungan, bahaya dan cara pengolahan sampah, dan makanan sehat. 

BACA JUGA:Jateng Terima Penghargaan Insentif Fiskal Atas Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Zulfikar Ali Yahya, selaku koordinator P5 kelas VII menyampaikan bahwa salah satu usaha untuk pengurangan sampah plastik adalah para siswa dibiasakan untuk membawa tempat makan dan minum sendiri dari rumah. 

"Sehingga jajanan yang mereka beli di sekolah tidak lagi dibungkus dengan plastik, tetapi langsung ditempatkan pada wadah makan mereka masing-masing," ujarnya.

Selain itu juga ada kegiatan Jumat Bergizi yang diisi dengan sarapan bersama siswa dan guru, dilanjutkan dengan senam P5. 

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Perkuat Capaian Peningkatan Mutu Sekolah Penggerak

"Sarapan sehat bersama bertujuan agar siswa terbiasa sarapan sehingga pada kegiatan pembelajaran dapat berkonsentrasi penuh," pungkas Koordinator P5 Kelas VIII Mar'atul Azizah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: