Siaga Bencana, Relawan BPBD Lakukan Aksi Tanam Bibit Pohon

Siaga Bencana, Relawan BPBD Lakukan Aksi Tanam Bibit Pohon

Aksi Relawan PB melakukan penanaman biit pohon di Batunyana-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Paska selesai mengikuti Jambore Relawan Penanggulanan Bencana ( PB), aksi nyata dilakukan relawan dengan menggelar penanaman bibit pohon dikawasan perbukitan Desa Batunyana Kecamatan Bojong.

Kalak BPBD, Elliya Hidayah memeberi suport kegiatan tersebut, sebagai salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kondisi bencana alam.

BACA JUGA:Dinas Perintransnaker Susun Rencana Strategis Sinergitas Pembangunan

"Paradigma penanggulangan bencana sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana telah bergeser orieantasinya dari penanganan darurat bencana ke arah pengurangan risiko bencana," jelaanya Rabu, 8 November 2023.

Menurutnya, risiko bencana ini adalah potensi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana pada suatu wilayah dan kurun waktu tertentu baik itu berupa kematian, luka, sakit, jiwa terancam, hilangnya rasa aman, mengungsi, kerusakan atau kehilangan harta, dan gangguan kegiatan masyarakat.

Kemudian, menurutnya paradigma penanggulangan bencana yang semula hanya urusan pemerintah telah berubah menjadi urusan bersama yang tentunya membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh elemen pemangku kepentingan yang ini dikenal dengan istilah pentahelix.

BACA JUGA:Bareng Relawan, BPBD Cari Solusi Gundulnya Hutan Lindung Sawangan

"Didalamnya  meliputi elemen masyarakat, pemerintah, dunia usaha, akademisi serta media masa atau media sosial," cetusnya.

Masyarakat, menurut Elliya  menjadi elemen yang paling strategis perannya dalam upaya penanggulangan bencana. Selain sebagai pelaku, masyarakat juga sekaligus menjadi korban pada setiap kejadian bencana.

“Relawan Penanggulangan Bencana adalah garda terdepan dari unsur masyarakat. Kesiapsiagaan bagi para relawan ini merupakan faktor penting dari upaya pengurangan risiko bencana. Perannya dalam mengkampnyekan budaya sadar bencana dan pengarusutamaan risiko bencana adalah yang utama,” ungkapnya.

BACA JUGA:Keren! BPBD Kabupaten Tegal Stimulus Anak Usia Dini Tanggap Bencana

Aksi penamanan  bibit pohon  merupakan upaya  bersama relawan penganggulangan bencana menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak. (ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: