Antisipasi Peretasan, Pengamanan Sistem Informasi di Jateng Perlu Diperkuat

Antisipasi Peretasan, Pengamanan Sistem Informasi di Jateng Perlu Diperkuat

PENGAMANAN - Pemprov Jatenge mengantisipasi terjadinya peretasan.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno meminta agar pengamanan jateng.disway.id/listtag/95444/sistem">sistem informasi di wilayahnya perlu diperkuat. Hal itu guna mencegah peretasan yang berpotensi menjebol 

keamanan sistem  informasi, data, maupun jaringan yang ada.  

"Dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), jangan lupa menjaga sistem informasi kita,” kata Sumarno  saat membuka Literasi dan Sosialisasi Keamanan Informasi bagi Kepala OPD Provinsi Jateng, di Semarang, Rabu  (8/11). 

BACA JUGA:Puluhan Siswa SMP Negeri 14 Kota Tegal Dilatih Jurnalistik

Sebab, pengamanan sistem informasi berbeda dengan pengamanan secara manual, sehingga butuh perhatian banyak pihak untuk mengamankan. 

Dikatakan dia, pengembangan SPBE di Pemprov Jateng maupun pemerintah kabupaten/kota bertujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, lebih cepat, transparan, dan akuntabel. Oleh Karena itu, tata kelola pengamanan sistem informasi juga harus mendapat perhatian. Dan semua stakeholder terkait terus melakukan  literasi keamanan informasi. 

"Kita sering lupa, karena sistem informasi sudah berjalan dengan baik, kita lupa menjaga keamanannya. Maka kita perlu waspada dan mudah-mudahan dengan adanya pembekalan dari BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), teman-teman OPD memahami dan bisa menjaga keamanan sistem informasi," kata Sumarno.

BACA JUGA:Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Gelar Bimtek Manajemen Agribisnis

Sementara itu,  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Riena Retnaningrum mengatakan, kegiatan yang diikuti para kepala OPD di lingkungan Pemprov Jateng itu, bertujuan untuk meningkatkan sinergi transformasi keamanan informasi digital bagi pimpinan perangkat daerah di Provinsi Jateng. 

Selain itu, juga meningkatkan security awareness bagi pimpinan perangkat daerah di Provinsi Jateng, karena berposisi sebagai leader operation penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik atau SPBE pada masing-masing OPD. 

BACA JUGA:OSIS SMA Negeri 5 Kota Tegal Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan

Dalam acara itu, diharapkan juga meningkatkan sinergitas kolaborasi dan koordinasi dalam pertukaran informasi, supaya mampu mencegah penanggulangan dan pemulihan insiden siber.  

Riena mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan juga mampu membangun komitmen masing-masing pimpinan OPD untuk mempertahankan atau menjaga tim, yang bertugas sebagai  agen security terkait dengan pengamanan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang sudah terbentuk di 50 OPD. 

BACA JUGA:Polres Tegal Amankan Distribusi 500 Kayu Palet Logistik Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: