Penguatan P5, Siswa SMPN 3 Margasari Digembleng Karate

Penguatan P5, Siswa SMPN 3 Margasari Digembleng Karate

Siswa SMPN 3 Margasari antusias mengikuti giat P5 berkarate di halaman sekolah.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digulirkan pada siswa  SMPN 3 Margasari. Kali ini mengusung tema 'bangunlah jiwa dan raganya', dengan pemberian materi spentigma berkarate.

Kepala SMPN 3 Margasari Drs Sucipto menyatakan, tujuan utama penanaman  karakter merujuk pada nilai-nilai yang terkandung daam sumpah karate.

"Kelima point tersebut, diantaranya sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejuaraan, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun, dan sanggup menguasai diri," ujarnya Rabu 1 November 2023.

BACA JUGA:Keren! Siswa SMPN 2 Suradadi Tegal Buat Batik Ciprat

Menurutnya, kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas 8, dan seluruh siswa kelas 7 dengan menghadirkan narasumber atau pelatih dari MSH INKAI Cabang Kabupaten Tegal, yang berjumlah 5 orang.

"Dan saya sendiri juga terjun sebagai pemberi narasumber, mengingat saya juga akarateka dan 1 orang tenaga administrasi sekolah SMP 3 Margasari yang juga karateka," cetusnya.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Gelontorkan Ratusan Juta untuk BPJS Pekerja Rentan

Cipto menyatakan, selain penanaman karakter juga di wajibkan siswa untuk mempelajari dan bisa melakukan gerakan kata atau jurus dalam hal ini kata 1 yang disebut heian sodan

BACA JUGA:Puluhan Ribu Hektare Hutan Lindung di Kabupaten Tegal Rusak, BPBD Lakukan Ini

"Kegiatan dilaksanakan selama 1 minggu, dan diakhiri dengan gelar karya yang menampilkan hafalan sumpah karate, serta  melakukan gerakan kata 1 atau heian sodan, dengan disaksikan oleh seluruh warga sekolah dan wali murid dalam hal ini  anggota komite sekolah," ungkapnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: