Menikmati Indahnya Kawah Putih Tinggi Raja yang Mempesona, Bagaikan Surga Tersembunyi!

Menikmati Indahnya Kawah Putih Tinggi Raja yang Mempesona, Bagaikan Surga Tersembunyi!

Kawah Putih Tinggi Raja--foto 1001 indonesia

DISWAY JATENG - Kawah Putih Tinggi Raja adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. 

Kawah ini di dominasi dengan warna putih seperti salju dan ditengah kawah terdapat air panas berwarna biru kehijauan yang mengeluarkan asap dari dalamnya. 

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter diatas permukaan laut. Kawah ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan kedalaman sekitar 80 meter. 

Keunikan dari kawah ini adalah warna airnya yang biru kehijauan yang kontras terhadap lingkungan sekitar yang berkapus, seperti hamparan salju, karena adanya kandungan belerang yang tinggi didalamya. Dengan menggabungkan kehangatan air dengan pesona salju. 

BACA JUGA:Ternyata di Medan Ada Wisata Bersejarah Yang Unik Loh, Apakah Itu? Yuk Simak Berikut!

Kawah Putih Tinggi Raja salah satu permata tersembunyi di Medan, yaitu salah satu destinasi wisata yang memikat dengan pesona alamnya yang indah serta sudah berumur ratusan tahun, yang terletak dalam Cagar Alam Dolok Tinggi Raja. Tempat ini mungkin tidak akan terduga oleh mereka yang belum menginjakkan kaki disana. Di dalamnya tersimpan keajaiban pemandangan kawah yang sungguh luar biasa. 

Dolok Tinggi Raja dengan luas ratusan hektar, adalah cagar alam yang memelihara Kawah Putih. Beberapa mungkin berpikir bahwa lokasi wisata ditengah hutan adalah kendala untuk menemukan dan menghargai keindahan kawah ini. Namun justru inilah daya tarik utama tempat ini. 

Kawah Putih Tinggi Raja terbentuk dari panas bumi yang memuat belerang, membentuk bukit kapur putih yang mengelilingi sumber air panas dengan suhu mencapai 90 derajat celcius. Sisi lain dari kawah ini juga menawarkan sungai dengan air hangat, sebagian besar berasal dari mata air Kawah Putih. 

Letaknya berada ditengah hutan yang memberikan sensasi petualangan yang tidak terlupakan bagi para pelancong. Seperti surga yang tersembunyi, lokasi kawah didalam hutan ini adalah penjaga sejarah, keaslian alam, dan saksi keberadaan selama ratusan tahun. Tidak heran jika Kawah Putih ini disebut sebagai eksotisme alam ratusan tahun yang masih asli, dan salah satu alasan utama lokasinya.  

Sulit dipercaya ditengah-tengah lebatnya hutan dan jalan menuju kawah yang tidak begitu mulus terdapat keindahan yang memukau. Dengan sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius Kawah Putih  ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada disekitar dan mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak. 

Aliran air panas yang mengandung belerang itu dipercaya membuat bebatuan menjadi putih bersih seperti salju, sebagian orang menyebutnya dengan salju panas. 

Ada dua tempat yang bisa dikunjungi diarea objek wisata ini. 

Pertama adalah bukit kapur yang dilalui oleh aliran air panas yang membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang mata. Ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut. Diatas juga terdapat sebuah kolam alam yang tidak cukup besar dan mengeluarkan sumber air panas yang nampak bergelembung dari dasar kolam.

Aliran air panas dari kawah ini mengalir melalui semak-semak pepohonan yang mengering dan berkumpul menjadi satu membentuk sebuah danau yang berwarna biru kehijauan yang amat cantik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: