Dongkrak Kemampuan Literasi, SMPN 2 Balapulang Gelar Lomba Bulan Bahasa

Dongkrak Kemampuan Literasi, SMPN 2 Balapulang Gelar Lomba Bulan Bahasa

Warga SMPN 2 Balapulang berlomba mewarnai peringatan bulan Bahasa.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, warga SMPN 2 Balapulang menggelar beragam lomba, mulai dari lomba cipata dan baca puisi, membuat poster atau cerita bergambar, hingga lomba cipta dan baca puisi.

Kepala SMPN 2 Balapulang, Eni Rusmiyati SPd Mat menyatakan, tema yang diangkat pada rangkaian lomba kali ini adalah 'Bullyiong No, Prestasi Yes!.'

Dia berharap, melalui tema ini bisa mencegah bullying atau perundungan di sekolah.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Dikbud Kabupaten Tegal Gerakkan Kembali Usaha Kesehatan Sekolah Anak Usia Dini

"Kami berharap kegitan ini lebih meningkatkan kemampuyan literasi siswa, dan menumbuhkan kreativitas hingga daya saing siswa-siswi SMPN 2 Balapulang pada bidang sastra dan bahasa," ujarnya Selasa 31 Oktober 2023.

Menurutnya, kegiatan lomba kali ini diadakan juga dalam upaya melatih kreatifitas, percaya diri, dan mental siswa didiknya.

BACA JUGA:Mantap! Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Bimtek Pembekalan Calon Kepala Sekolah

"Kami berharap kegiatan semacam ini dapat meningkatykan literasi dan kreatifitas siswa di SMPN 2 Balapulang," cetusnya.

Dia menyatakan bahwa Oktober biasa diperingati sebagai bulan bahasa. Hal ini lantaran di bulan Oktober pernah menjadi saksi sejarah peristiwa Sumpah Pemuda, tepatnya 28 Oktober 1928.

Pada peristiwa ini, para pemuda mengikrarkan diri untuk bersatu atas nama tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.

BACA JUGA:Mantap! Delegasi Kalifah Dikbud Kabupaten Tegal Rebut Juara MAPSI Provinsi

"Sebagai generasi penerus, tentu saja kita harus senantiasa memaknai peristiwa heroik itu, khususnya butir ketiga. Hal ini untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, memelihara semangat, dan meningkatkan persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar yang sehat," ungkapnya.

Kegiatan bulan bahasa yang diselenggarakan setiap tahun, menurutnya sebagai  upaya untuk membina dan mengembangkan bahasa Indonesia. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Kemampuan Relawan Penanggulangan Bencana

"Kegiatan ini juga berguna sebagai sarana berekspresi bagi siswa, dan mengembangkan bakat-bakat siswa di bidang akademik dan nonakademik. Sebagai bagian dari upaya mengembangkan kecintaan terhadap bangsa, tanah air, dan bahasa Indonesia sesuai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda," tegasnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: