Tiru Cara Pemilu, SMP Negeri 10 Kota Tegal Adakan Pemilihan Katua OSIS

Tiru Cara Pemilu, SMP Negeri 10 Kota Tegal Adakan Pemilihan Katua OSIS

BERSAMA-Kepala SMP Negeri 10 Kota Tegal Dwi Setiawan bersama dengan peserta Pilketos.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Negeri  10 Kota TEGAL melaksanakan pemilihan ketua OSIS periode 2023/2024. Untuk memberikan pendidikan demokrasi bagi peserta didik. pemilihan ketua OSIS dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. Secara luring setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2022/2023.  Tahapan-tahapan dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari peserta didik kelas VII dan VIII. Yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan jika mereka terpilih.

BACA JUGA:Sebanyak 24 Mahasiswa UPS Tegal Ikuti Pelatihan Jurnalistik

"Semua warga sekolah menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan. Total 682 suara yang berasal dari peserta didik, dewan guru, dan staf tata usaha yang mengunakan hak pilihnya," kata Kepala SMP Negeri 10 Kota Tegal Dwi Setiawan.

BACA JUGA:Hujan Deras dan Angin Kencang Robohkan Rumah Warga Sumurkidang Kabupaten Pemalang

Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil. Proses perhitungan suara pun disaksikan secara langsung oleh setiap perwakilan kelas dan dimenangkan oleh paslon 1 yaitu Zahrotul Khayati dan Athira Ayatul Husna dengan perolehan paslon 1 sebanyak 248 suara. Paslon 2 memperoleh 160 suara, paslon 3 memperoleh 210 suara, sedangkan terdapat 64 suara tidak sah. Siswa menjadi mengetahui bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab. 

BACA JUGA:Kasat Lantas, Reskrim dan Kapolsek Polres Pemalang Dirotasi

“Serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: