Keren! Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Dukung Kelancaran ANBK Tingkat SD

Keren! Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Dukung Kelancaran ANBK Tingkat SD

Kasi Pendidikan SD Dinas Dikbud Kabupaten Tegal memantau perkembangan pelaksanaan ANBK.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG -  Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer  (ANBK) untuk  jenjang Sekolah Dasar ( SD) di wilayah Kabupaten Tegal digulirkan dalam empat gelombang.

Gelombang I dimulai 23 hinga 24 Oktober 2023, gelombang II  digelar 25 hingga 26 Oktober 2023, gelombang III tanggal 30 hingga 31 Oktober 2023, dan untuk gelombang IV digelar 1 hingga 2 November 2023 mendatang.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal, Fakihurrochim SSos MM melalui Kasi Pendidikan SD AAN Kusnadi SPd MPd menyatakan, pihaknya sempat memberikan arahan kepada semua sartuan pendidikan yang ada, agar tidak tertuju atau memilih pada satu gelombang yang ada.

BACA JUGA:Mantap! Delegasi Kalifah Dikbud Kabupaten Tegal Rebut Juara MAPSI Provinsi

"Hal ini demi kelancaran siswa didik saat mengikuti ANBK. Toh waktunya panjang yang terbagi dalam empat gelombang," ujarnya Rabu, 25 Oktober 2023.

Upaya koordinasi juga Dinas Dikbud Kabupaten Tegal lakukan dengan pihak Telkom dan PLN, agar diupayakan selama pelaksanaan ANBK tidak ada proses pemadaman.

BACA JUGA:Genjot Kompetensi Guru Kelas Awal, Dikbud Kabupaten Tegal Lakukan Ini

"Pola ANBK ini berbasis online langsung dari Kementrian Kemendikbud ristek jadi tidak harus melalui server. Setiap satuan pendidikan  minimal harus  ada 5 unit laptop agar bisa menggelar 3 sesi dalam sehari, atau disesuaikan dengan ketersediaan laptop," paparnya.

Bagi kondisi satuan pendidikan yang  belum punya atau hanya punya 1 laptop,  bisa pinjam ke sekolah  terdekat mengingat sarana tersebut sama-sama berstatus fasilitas negara.

BACA JUGA:Dikbud Kabupaten Tegal Rampungkan Program Rintisan 'Mengejar'

Dengan diberinya keluasan waktu 4 gelombang, mendorong status pelaksanaan ANBK adalah mandiri, dan tidak ada yang menumpang ke sekolah lain.

"Untuk pengadaan laptop selain bisa pinjam ke sekolah terdekat, juga dilakukan melalui pinjaman dari orang tua murid. Kami dengan tegas tidak merekomendasi sewa untuk pengadaan laptop saat pelaksanaan ANBK yang tahun ini sudah menginjak tahun ke tiga," ungkapnya  

Pihaknya juga menyatakan dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, peserta didik jenjang SDakan menghadapi tantangan ujian yang melibatkan sejumlah soal. Kemendikudristek telah merilis informasi terkait ujian ini, termasuk jumlah soal yang harus dijawab. 

BACA JUGA:Dikbud Kabupaten Tegal Dongkrak Peringkat Platfrom Merdeka Mengajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: