Ini Dia Mitos yang Beredar di Guci Tegal, Nomor 1 Jarang Diketahui

Ini Dia Mitos yang Beredar di Guci Tegal, Nomor 1 Jarang Diketahui

mitos guci tegal-tangkapan layar instagram @guci.tegal-

DISWAY JATENG- Guci merupakan tempat wisata yang ada di tegal, tepatnya di kecamatan bumijawa kabupaten tegal. Wisata ini berada di bawah kaki gunung slamet di bagian utara.

Guci merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandian air hangat hingga panas, hal tersebut membuat wisata ini menjadi tempat menarik untuk dijadikan tempat liburan. 

Pemandian air panas guci sangat terkenal karena pemandangan alam yang menarik dengan udara sejuk khas pegunungan, sumber air panas yang berada di wisata ini terletak di atas ketinggian 1.050M di atas permukaan laut dengan total area berkisar 210 hektar.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, disini juga terdapat beragam kuliner yang dapat di nikmati seperti sate kelinci. Serta cindera mata yang banyak terjual di area wisata ini. 

BACA JUGA:5 Mitos di Guci yang Membuat Bulu Kuduk Berdiri, Bikin Merinding!

Tempat wisata ini ramai didatangi saat malam jumat kliwon, karena banyak yang ngalap berkah. Air panas disini diyakini diberikan Walisongo pada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama islam ke jawa tengah.

Karena air itu ditempatkan di sebuah poci, serta memiliki khasiat mendatangkan berkat, masyarakat menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci.

Namun karena air pemberian wali itu terbatas, pada malam jumat kliwon, salah seorang sunan menancapkan tongkat saktinya ke tanah. Lalu keluarlah air panas tanpa belerang.

Tetapi seperti biasa, selain memberikan pemandangan yang indah tentunya tempat wisata guci ini memiliki mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar.

Apa saja mitos yang berada di guci? Artikel ini akan membahas deretan mitos atau legenda yang berada di tempat wisata ini, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mitos gugur cinta

Mitos yang beredar di masyarakat yang pertama adalah, jika kalangan remaja yang menjalin hubungan asmara lalu mengajak pasangannya sebelum menikah ke wisata ini maka diyakini hubungannya tidak akan bertahan lama.

Guci memiliki akronim yakni Gugur Cinta yang mempunyai arti kandasnya sebuah cinta.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Pemandian Air Panas Guci yang Cocok untuk Menghilangkan Capek

2. Mampu mengobati segala penyakit

Air hangat yang berada di pemandian air panas dipercaya memiliki banyak khasiat, maka air hangat disini diyakini mampu mengobati segala penyakit terutama penyakit yang  ada di kulit.

Walaupun belum ada penelitiannya, tetapi komposisi yang berada di belerang air hangat pegunungan diyakini bisa mengobati beragam penyakit kulit, seperti gatal-gatal sampai rematik.

3. Dipercaya membuat awet muda

Salah satu mitos yang beredar di wisata ini ialah, siapa saja yang mandi di pemandian air hangat tersebut bisa menambah awet muda.

Hal ini dikarenakan kandungan belerang yang ada di air hangat pegunungan diyakini bisa mengobati beragam penyakit kulit, sehingga dianggap dapat membuat kulit terlihat awet muda serta lebih sehat.

4. Ngalap berkah

Mitos yang beredar selanjutnya adalah keberadaan ngalap berkah.

Mitos ini diyakini jika berendam di pemandian air hangat pada hari kamis malam atau malam jumat kliwon sekitar pukul 12 malam, lalu memanjatkan permohonan disini maka permohonan tersebut akan terkabul.

BACA JUGA:Sistem Tiket OW Guci Bikin DPRD Kabupaten Tegal Murka, Ternyata Penyebabnya Bikin Geleng-geleng

Guci cocok untuk list liburan kamu, karena selain menawarkan pemandangan yang indah kamu juga bisa membuktikan sensasi yang magic  yang berada di wisata ini.

Semoga bermanfaat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: