Keren! PWI Jateng Bersama SKK Migas Jabanusa Gelar UKW

Keren! PWI Jateng Bersama SKK Migas Jabanusa Gelar UKW

Pengurus PWI Jawa Tengah mengelar rapat koordinasi persiapan UKW dan HPN 2024 di Gedung Pers, Kota Semarang.--PWI JATENG UNTUK DISWAY JATENG

DISWAY JATENG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah (Jateng) sinergi dengan SKK Migas Jabanusa untuk melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

 

Hal itu sebagai upaya memperkuat kapasitas dan kompetensi wartawan di Jawa Tengah. UKW rencananya berlangsung di salah satu hotel di Kota Semarang, Kamis hingga Jumat (23-24/10/2023). UKW kali ini merupakan yang ke-4 digelar PWI Jateng bekerjasama dengan SKK Migas Jabanusa.

 

"Apresiasi kepada SKK Migas Jabanusa yang selama ini getol  memberikan dukungan kepada PWI Jateng dalam program UKW untuk mencetak SDM wartawan yang bermartabat dan profesional," kata Ketua PWI  Jateng, Amir Machmud NS.

 

BACA JUGA:Sinergi Bersama, PWI Temui Wali Kota Tegal

 

UKW merupakan sarana meningkatkan bekal wartawan dalam menyikapi dan menghadapi tantangan serta menjalani profesinya. Amir ingin output dari kegiatan tersebut bisa menciptakan dampak positif bagi peningkatan kompetensi wartawan, terutama bagi peningkatan standar pemberitaan.

 

''Saat sebuah profesionalisme semakin jadi tuntutan, maka upaya-upaya peningkatan kemampuan diri harus masif dilakukan. UKW akan melahirkan wartawan yang teruji dan patuh kode etik dan UU Pers,'' katanya usai memimpin Rapat Panitia UKW dan HPN di Gedung Pers Jateng, Semarang, Senin 16 Oktober 2023.

 

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua PWI Bidang Pendidikan Solikun, Wakil Ketua PWI Bidang Kesra Bakti Yudatama,  Sekretaris Setiawan Hendra Kelana,  Ketua Badan Khusus UKW PWI Jateng R Widiyartono, dan sejumlah pengurus.

 

BACA JUGA:Ingat! PWI Larang 20.000 Anggotanya Ikut UKW Lembaga Abal-abal

 

UKW yang digelar PWI dan SKK Migas diikuti 24 wartawan dengan mengujikan kategori Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama. Peserta berasal dari Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Pemalang, Brebes, Rembang, Jepara dan Banjarnegara.

 

Peringatan HPN

 

Ditambahkan Amir, selain mematangkan persiapan UKW, PWI juga sudah ancang-ancang mengagendakan acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

 

Hal itu mengingatkan kegiatan HPN sudah masuk pada tahun politik, maka rangkaian acara menyesuaiakan dengan tema-tema yang berkaitan dengan Pesta Demokrasi yaitu seputar  Pilpres, Pileg, dan Pemilukada.

 

BACA JUGA:Wartawan Diusulkan Terima Gaji dari Pemerintah, PWI Pusat Tegas Menolak

 

Sementara itu, Ketua Panitia HPN 2024 Bakti Yudatama menjelaskan, kegiatan HPN yang digelar antara lain Dialog 5 Rektor di USM dengan mengangkat tajuk ''Memilih Pemimpin dengan Bertanggungjawab'', dan bazar UMKM.

 

"Ada sejumlah agenda PWI yang sudah merupakan tradisi yang selalu dilakukan setiap memperingati HPN yaitu Khataman Alquran Ashabul Kahfi, ziarah kubur ke makam wartawan senior, dan tasyakuran HPN di Gedung Pers," katanya. (mei)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: