Tak Perlu Jauh-jauh, RSUD Kardinah Kota Tegal Sekarang Bisa Layani MRI

Tak Perlu Jauh-jauh, RSUD Kardinah Kota Tegal Sekarang Bisa Layani MRI

Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono disela meresmikan layanan MRI yang kini lebih canggih. --Radar Tegal

DISWAY JATENG - Layanan fasilitas Magnetic Resonance Imaging (MRI) dengan kualitas 1,5 Tesla, kini resmi dihadirkan RSUD Kardinah Kota Tegal, Selasa (17/10).

 

Peresmian tersebut menjadi salah satu konsistensi RSUD Kardinah, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Bahkan diharapkan keberadaan MRI kualitas 1.5 Tesla bisa dimanfaatkan atau menjadi rujukan oleh rumah sakit lain yang ada di sekitar Kota Tegal. Sehingga selain mempercepat pelayanan juga mempersingkat proses penyembuhan bagi pasien.

 

BACA JUGA:Banyak Keluhan, Pelayanan RSUD Kardinah Harus Diperbaiki

 

Demikian dikatakan Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal, drg Agus Dwi Sulistyantono di sela meresmikan layanan MRI yang kini lebih canggih.

 

Menurut dia, sebenarnya RSUD Kardinah telah memiliki MRI setengah Tesla. Namun kini kita naikan kualitasnya menjadi satu setengah.

 

"Dengan peningkatan kualitas yang lebih tinggi, kinerja MRI juga memiliki banyak kelebihan. Diantaranya dari proses waktu pemeriksaan lebih cepat dan hasil yang lebih maksimal," bebernya.

 

Dan jika dulu kualitasnya setengah Tesla, sekarang ini adalah kualitas satu setengah Tesla tapi memiliki sejumlah kelebihan. Seperti waktunya lebih cepat, kualitasnya lebih bagus. Sehingga hasil yang diperoleh juga lebih berkualitas.

 

"Termasuk ada sejumlah fungsi MRI yaitu untuk memberikan gambaran yang dapat menunjukan perbedaan sangat jelas dan lebih sensitif. Kemudian untuk menilai anatomi jaringan lunak terutama otak, sumsum tulang belakang, dan susunan saraf serta jaringan lainnya seperti otot, ligament, tulang rawan, tendon, dan tulang sendi meliputi MRI Kontras dan Non Kontras," papar Agus.

 

BACA JUGA:Banggar DPRD Kota Tegal Sidak RSU Kardinah, Ada Apa?

 

Agus yang juga Sekda Kota Tegal itu juga menambahkan bahwa keunggulan MRI RSUD Kardinah Kota Tegal, seperti di antaranya resolusi gambar lebih tinggi, bersifat non-infasif.

 

Kemudian tanpa radiasi pengion, gambar struktur jaringan lunak sangat jelas dan detail, serta dapat membuat ratusan gambar dari hampir semua arah atau multiplanar.

 

"Karenanya, MRI dengan kualitas 1,5 Tesla menjadi satu-satunya yang dimiliki RSUD Kardinah Kota Tegal, bisa menjadi rujukan bagi rumah sakit yang ada di wilayah Pantura bagian barat Jawa Tengah. Harapannya bisa dimanfaatkan rumah sakit yang lain di Tegal Brebes, Pemalang dan sekitarnya. Sehingga tidak perlu dikirim ke Semarang, Purwokerto, maupun Bandung, karena bisa dirujuk ke sini,” ucapnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: