Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal Yang Bikin Ngiler

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal Yang Bikin Ngiler

kupat glabed makanan khas tegal--

DISWAY JATENG- Tegal, selain terkenal dengan sate kambing muda dan tahu acinya. Ternyata kota ini juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba ketika kamu sedang berkunjung ke kota ini, yaitu kupat glabed.

Nama kupat glabed berasal dari kata glabed yang merupakan istilah bahasa orang tegal untuk menyebut kuah yang bertekstur kental, karena kuah yang disiramkan pada potongan ketupat ini sangat kental.

Menurut Murdijati Gardjito, dkk dalam buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 3, Makanan Tradisional yang Populer. Mengungkapkan, kupat glabed merupakan makanan khas Tegal yang disajikan dengan sayur tempe kuah kuning yang sangat kental dan gurihnya berasal dari kaldu iga sapi. Makanan ini juga dilengkapi dengan kerupuk mi kuning (kerupuk dari tepung tapioka) serta bawang merah goreng yang renyah. Yang menyukai pedas dapat menambahkan sambal cabai tumis merah.

Kupat glabed merupakan makanan yang berisikan ketupat yang disiram kuah kuning kental berisi tempe yang dipotong berbentuk memanjang. Dengan makanan tambahan mendoan serta beragam sate, seperti sate kikil, sate ayam, sate kerang.

BACA JUGA:Mengenal Kupat Glabed Tegal: Salah Satu Kuliner yang Wajib Kalian Coba

BACA JUGA:Menu Khas Tegal Kupat Blengong yang Kelezatannya Luar Biasa ,Membuat Lidah ini selalu Bergoyang

Biasanya kupat glabed ini dinikmati bebarengan dengan sate blengong atau kupat blengong.

Ketupat glabed dan ketupat blengong memiliki perbedaan, yaitu: kuah kuning yang ada pada ketupat glabed lebih kental serta di dalamnya ada potongan tempe, makanan ini juga disajikan dengan beragam aneka sate, seperti sate kerang, sate kikil, sate ayam serta gorengan. 

Sedangkan di ketupat blengong, kuahnya tidak ada potongan tempe, disajikan dengan daging blengong goreng atau sate blengong . 

Untuk pembuatan kupat glabed yaitu, ketupat dipotong-potong, ditaruh di piring, lalu disiram dengan kuah sayur tempe kuning, lalu diberi taburan bawang goreng, sambal merah, serta bisa juga diberi tambahan kerupus diatasnya. 

Kupat glabed memiliki rasa yang gurih. Kuah kuning kental seperti opor yang menjadikan rasa yang gurih. Gurih kuah kuning kental dalam ketupat glabed berasal dari kaldu iga sapi yang dipadu dengan santan yang diberi beragam bumbu.

Potongan ketupat yang lembut, sangat cocok dipadukan dengan kuah kuning kental yang gurih. Apalagi jika dilengkapi dengan aneka sate yang memiliki rasa gurih manis, gorengan juga bisa melengkapi semua makanan itu.

Ketupat glabed bisa ditemui sudut kota Tegal, namun ternyata selain di kota Tegal, ketupat glabed juga terkenal di masyarakat Brebes. Yang menjadikan berbeda, ketupat glabed di Brebes memakai sayur pepaya lengkap dengan santannya.

BACA JUGA:Sama-Sama Pake Saus Kacang! Ini 2 Resep Kupat Tahu dari Dua Daerah yang Berbeda, Tinggal Pilih

Itulah informasi tentang kuliner khas tegal yaitu kupat glabed, untuk kamu yang berkunjung ke kota yang berada di jawa tengah ini jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang ada disini ya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: