Top! Kraton Ditunjuk Jadi Kelurahan Cantik 2023

Top! Kraton Ditunjuk Jadi Kelurahan Cantik 2023

Lurah Kraton Arifullah menerima penunjukan Kraton menjadi kelurahan cantik di Kantor Kelurahan Kraton Kamis (12/10/2023).--

DISWAY JATENG – Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, ditunjuk menjadi Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tegal.

Selain pencanangan kelurahan cantik juga dilakukan sosialisasi dan pelatihan yang merupakan bagian dari statistik sektoral di Kantor Kelurahan Kraton, Kamis (12/10/2023).

Ketua Tim Kelurahan Cantik BPS Kabupaten Batang Nurlaleli mengatakan Kelurahan Cantik merupakan sebuah program peningkatan kompetensi dalam peningkatan dan pemanfaatan data Regristrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

BACA JUGA:Sejarah dan Fakta Menarik Kota Tegal yang Dijuluki sebagai Jepangnya Indonesia

Sehingga perencanaan pembangunan menjadi lebih tetap sasaran. Pembinaan program Kelurahan Cantik bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat kelurahan serta masyarakat dalam penyelenggraan kegiatan statistik.

“Harapannya setelah dilalukan pelatihan bisa meningkatkan kapabilitas statistik kelurahan, data statistik yang dikelola semakin berkualitas, dan kelurahan dapat mengambil keputusan berdasarkan data," katanya.

Dalam penyelenggaraan statistik, Ahli Statistik Pertama BPS Kota Tegal Norma Etika menyampaikan diperlukannya manajemen data, yaitu proses yang terdiri dari pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan pengelolaan data untuk menghasilkan informasi yang bernilai bagi suatu organisasi atau entitas. 

"Salah satu data yang dapat digunakan untuk pembangunan adalah data regsosek," ujarnya.

Tim Pemina Kelurahan Cantik 2023 Bety Atmani menjelaskan, Regsosek adalah sistem pendataan kependudukan yang mencangkup profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan penduduk.

Data di dalam sistem ini akan terhubung dengan data pada kementerian atau lembaga di tingkat pusat hingga data pemerintah daerah di tingkat desa dan kelurahan.

"Output yang diharapkan selama dilakukannya pelatihan Kelurahan Cantik adalah adanya data stunting yang lebih lengkap, penyempurnaan data putus sekolah, dan meningkatkan ketrampilan penyusunan infografis untuk tampilan website," terangnya.

BACA JUGA:Wali Kota Tegal Minta 10 Program Unggulan Ini Wajib Dikawal

Sementara itu, Lurah Kraton Arifullah mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Kelurahan Kraton menjadi kelurahan Cantik. Penunjukan tersebut tentu adanya beberapa indikator. Sehingga pihaknya akan selalu mendukung.

"Terima kasih atas ditunjuknya kelurahan kami, menjadi kelurahan cantik," pungkasnya.

Kegiatan itu dihadiri  Edy Sudirman Camat Tegal Barat Kota Tegal, Arifullah Lurah Kraton, Heri Prihanto Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Pengembangan Daerah Kota Tegal selaku Koordinator Forum Satu Data Kota Tegal Arif Budiyanto, Perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal selaku Wali Data, serta 20 tamu undangan lainnya. (mei)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: