Kota Ini Kota Bahari, Berikut Fakta Uniknya!

Kota Ini Kota Bahari, Berikut Fakta Uniknya!

Fakta unik dan menarik kota tegal--

DISWAYJATENG -  Sebelum dikenal sebagai tempat lahirnya warteg, kota Tegal merupakan kota pertama yang dikenal sebagai Kota Tahu Aci dan Bahari. Nama tersebut sudah ada sejak zaman dulu karena tahu aci berkembang di sana.

Disebut sebagai Kota Bahari berarti Bersih, Bagus, Hijau, Baik dan Indah. Tegal merupakan bagian dari pemukiman Pekalongan di Jawa Tengah. Di sebelah barat, Tegal berbatasan dengan Brebes. Di sebelah timur, Tegal berbatasan dengan Pemalang. Sedangkan bagian selatan berada di perbatasan Purbalingga dan Cilacap.

BACA JUGA:6 Desa Unik dan Lucu Ada di Jawa Tengah, Salah Satunya Punya Potensi Alam Menakjubkan

Luas dari wilayah Kota Bahari ini adalah 87,60 kilometer persegi dengan 900-95 persen penduduk merupakan suku Jawa, dan beberapa lainnya keturunan Tionghoa dan Arab. 

Berikut ini adalah uniknya Kota Bahari, mari simar agar Anda mengerti.

1. Bahasa Jawa Tegal

Bahasa Tegal adalah salah satu dialek yang dituturkan di daerah ini. Letak daerah ini berada di pesisir Jawa bagian utara, perbatasa Jawa Tengah dan Jawa Barat. Menjadikan bahasa yang dituturkan beda dengan daerah lain. 

Pengucapan kata dan kalimat hampir sama dengan purbalingga, kebumen. Dialek Tegal merupakan salah satu kekayaan bahasa Jawa, selain Banyumas. Meski memiliki kesamaan kata dengan bahasa Banyumas, namun penutur dialek Tegal tidak mau disebut Ngapak. 

BACA JUGA:Tedak Siten, Tradisi Unik yang Masih Kental di Tanah Jawa

Karena banyak sekali intonasi yang dirasa berbeda mulai dari intonasi, makna kata, serta pengucapan. 

2. Moci Teh

Kota ini memiliki tradisi minum teh, yang rasanya lebih nikmati dibanding teh yang lain. Bagi masyarakat Tegal, minuman ini telah menjadi yang paling digemari. Terlebih lagi bisa dinikmati di sore hari. 

Kebiasaan ini sudah muncul sejak abad ke-17. Budaya ini turun hingga sekarang. 

3. Wayang Golek

Wayang Golek sudah lama dikenal sebagai kesenian Sunda, namun Tegal juga mempunyai Wayang Golek cepak tegalan tersendiri. Wayang golek Tegal ini sekilas mempunyai kemiripan dengan wayang golek lainnya seperti Cepot, Unyil, Usro dan lain-lain. Namun tokoh dalam wayang golek tegalan cepak sangat unik dan berkepala datar.

Sayangnya asal muasal wayang ini masih belum diketahui. Wayang terkenal yang piawai memainkan wayang golek adalah Ki Enthus Susmono yang tak lain adalah penguasa Tegal. Yang unik dari pertunjukan wayang golek tegalan cepak adalah penyampaian pesan moral yang kuat.

BACA JUGA:7 Nama Desa Terunik di Jawa Tengah, Bacanya Bikin Ngakak! Simak Berikut Ini

Gaya penyampaiannya menggunakan gaya bahasa yang mudah diterima oleh semua kalangan terutama generasi muda. Selain itu penggunaan kata-kata yang diucapkan para pemainnya pun kerap membuat penonton tertawa saat menyaksikan pertunjukan wayang golek khas Tegal. Tak heran jika pertunjukan golek cepak Tegalan selalu dipenuhi pujian dari Masyarakat. 

4. Jepangnya Indonesia

Tegal sempat disebut sebagai Jepangnya Indonesia. Entah darimana ini bermula, tetapi mayoritas menyebutnya seperti Jepang karena banyak sekali industri yang ada.

BACA JUGA:Warteg Idaman di Tegal Yang Wajib Dicoba!

Demikian fakta unik yang ada yang harus Anda ketahui, Semoga bermanfaat (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: