5 Jajanan Tempo Dulu yang Masih Eksis di Tegal, Nomor 3 Rasanya Bikin lidah ketagihan

5 Jajanan Tempo Dulu yang Masih Eksis di Tegal, Nomor 3 Rasanya Bikin lidah ketagihan

Jajanan tempo dulu yang masih di cari banyak orang-Tangkapan layar media pakuan-

Saat ini, hanya segelintir orang yang berupaya melestarikan kue tersebut. Adonan tepung beras ketan sebelumnya dipanaskan diatas wajan. Proses pembuatan kue tempel cukup unik, yaitu digoreng tanpa menggunakan minyak goreng. Di atas adonan itu ditaburi gula Jawa yang dihaluskan.

Setelah setengah matang, pisang raja yang matang dilumatkan dalam adonan hingga merata. Adonan yang tengah dimasak ini ditutup dengan dilapisi daun, selanjutnya hanya menunggu kue tempel itu matang.

3. Gemblong Kocar Kacir

Nama uniknya merujuk pada proses pembuatannya yang sulit dan memakan waktu. Jajanan ini adalah Gemblong Kocar Kacir. Gemblong Kocar Kacir merupakan makanan manis yang langka dan menjadi favorit banyak orang. 

Terbuat dari singkong dengan gula merah cair dan taburan kelapa di atasnya, menjadikan jajanan ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat  menggoda tentunya.

Walaupun langka, Gemblong Kocar Kacir bisa kita temukan di pasar tradisional dengan harga sekitar Rp 3000 sampai 5000 per porsi.

BACA JUGA:Sudah Berdiri 50 Tahun! Ini 5 Wisata Kuliner di Bali yang Menghadirkan Cita Rasa Khas Legendaris

4.Kembang Goyang

Makanan dengan rasa gurih manis ini kini bisa disuguhkan setiap hari untuk teman minum teh hangat atau kopi. Makanan ringan tempo dulu itu masih eksis hingga kini. Jajanan ringan ini biasanya menjadi hidangan khas saat lebaran.

Dinamakan kembang goyang, sebab saat pembuatan makanan ringan ini cetakan dicelupkan ke dalam adonan kemudian digoyang-goyangkan supaya kue lepas dari cetakan. Bentuk cetakannya bulat dan berlubang empat.

5.Kopi Batok

Menggunakan wadah batok, karena menurut salah satu penjual kopi tersebut batok memiliki aroma yang khas sehingga akan semakin nikmat jika bercampur dengan kopi.

BACA JUGA:5 Resep Olahan Kuliner Berbahan Dasar Mie Goreng yang Lezat dan Menggugah Selera, Dijamin Nagih!

Penyajian kopi menggunakan batok adalah tradisi yang sudah ada sejak jaman kerajaan. Seperti namanya, penyajian kopi ini menggunakan wadah berupa batok kelapa. Kopi pakai batok ini warisan tradisi zaman tempo dulu. 

Demikian 5 Jenis Jajanan tempo dulu yang masih eksis dan melegenda di Tegal sampai sekarang serta menjadi incaran banyak orang yang kepengin merasakan masa dahulu. Bagaimana, Anda mau mencobanya?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: