Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pemalang Diminta Aktif Ajak Anak Usia Dini Masuk PAUD

Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pemalang Diminta Aktif Ajak Anak Usia Dini Masuk PAUD

MEMBUKA - Bunda PAUD Santi Rosalia membuka sosialisasi program Gema PAUD. Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pemalang dan organisasi masyarakat. Diminta untuk ikut  berperan aktif dan melakukan aksi nyata dalam  memberikan pemahaman tentang pentingnya PAUD bagi anak usia dini. Penting peran aktif dari OPD, harapannya agar semua elemen bergerak bersama untuk mengajak anak-anak usia 5 hingga 6 tahun supaya masuk dalam layanan PAUD di wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Bunda PAUD Pemalang Santi Rosalia saat membuka sosialisasi program Gema PAUD  Gelem Maring Paud/ Mau Pergi ke Paud di tempat pertemuan salah satu hotel di Pemalang, kemarin.

Santi lebih lanjut menyampaikan, pendidikan itu hanya suatu tuntunan di dalam tumbuhnya anak-anak. Maka anak -anak itu sebagai makhluk hidup. Manusia dan benda hidup, diharapkan dapat hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri.

"Makanya sangatlah penting layanan PAUD itu, bagi anak anak usia dini,"katanya.

Disebutkan, stimulasi enam aspek perkembagan anak usia dini tidak bisa diperoleh di lembaga bimbingan model apapun. Karena kebutuhan tumbuh kembang anak usia dini secara optimal hanya didapatkan di Lembaga PAUD.

Untuk itu, Santi Rosalia mengajak semua yang hadir dalam  kegiatan itu, untuk melakukan peran dan aksi nyata, memberikan pemahaman tentang pentingnya PAUD bagi anak usia dini.

"Sukses tidaknya Program Gelem Maring PAUD atau GEMA PAUD ada ditangan bapak ibu semua," tegasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang Supa'at menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menyamakan pemahaman program Gema PAUD antarstakeholder, OPD dan organisasi masyarakat maupun kemitraan. Sehingga diharapkan terlibat aktif dalam membantu masuknya angka anak usia dini. Yaitu anak usia 5 hingga 6 tahun yang belum terlayani PAUD.

“Data anak usia dini yang terlayani baru 67,85 persen dari target 100 persen. Sehingga dengan adanya kegiatan ini maka target tersebut nantinya dapat tercapai,"tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id