Kurangi Resiko Stunting, Ternyata Pemkot Tegal Lakukan Ini

Kurangi Resiko Stunting, Ternyata Pemkot Tegal Lakukan Ini

Ketua FORIKAN Kota Tegal dr Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon Supriyono foto bersama penerima bantuan produk olahan ikan di Pendapa Kecamatan Tegal Timur-maewan dani ristanto-jateng.disway.id

TEGAL, DISWAY JATENG - Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) merupakan program KKP yang bertujuan meningkatkan angka konsumsi ikan, Kampanye gemar makan ikan bersinergi dengan Forum Peningkatan Makan Ikan (FORIKAN) yang dilakukan di Kota Tegal. Program Gemarikan bertujuan meningkatkan angka konsumsi ikan yang juga berperan dalam program penanganan stunting.

“Kampaye Gemarikan tersebut untuk memberikan sosialisi tentang pentingnya makan ikan. Karena warga yang makan  jumlahnya terus berkurang bahkan sudah mulai menurun,” kata Ketua FORIKAN yang juga Ketua TP PKK Kota Tegal dr Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon Supriyono. 

BACA JUGA:5 Pinjol yang Tidak Ada DC Lapangan 2023, Sudah Resmi Terdaftar OJK dan Bunga Rendah!

Dinas Kelautan, Perikanan, Pangan dan Pertanian (DKP3) berperan membantu mengurangi angka stunting denagn memberikan makanan olahan ikan. Sedangkan dari FORIKAN selalu memberikan sosialisasi dan bantuan makanan ikan melalui program Gerimis Matik.

“Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan dengan harapan masyarakat yang gemar makan ikan dan konsumsi makan ikan angka meningkat,” ujarnya.

Kampanye tahun 2023 Kota Tegal mendapatkan bantuan paket Gemarikan sebanyak 150 paket dari APBD Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng. Sedangkan paket Gemarikan yang diadakan melalui APBD Kota Tegal sebanyak 330 paket. Program tersebut diberikan untuk kabupaten atau kota yang terindikasi stunting dan tingkat makan ikanya rendah. 

BACA JUGA:Cara Menghindari DC Lapangan Shopee Paylater Agar Tidak Datang Kerumah, Cuma lakukan 3 Cara Ini!

“Sehingga kita dorong agar program makan ikan akan meningkatkan gizi dan membantu mengurangi stunting,” ujar

Kepala Bidang Usaha dan Pengembangan Ikan DKP3 Provinsi Jawa Tengah Iman Kadarusman.

Untuk lokasi penerima paket Gemarikan tahun 2023 dilakukan di Kelurahan Slerok, Kejambon, Mintaragen, Debong Kulon, Debong Tengah dan SD Panggung 11. Dengan kampanye tersebut diharapkan Gemarikan akan meningkatkan konsumsi ikan dan dapat meningkatkan gizi keluarga sekaligus mencerdaskan bangsa.

BACA JUGA:15 Aplikasi Pinjol Legal yang Ada DC Lapangan Terbaru 2023, Jangan Sampai Telat Bayar!

“Kampanye gemar makan ikan tersebut kita lakukan dengan rutin, untuk membantu menurunkan angka stunting. Paket Gemarikan berupa olahan ikan yang dibagikan pada para resiko stunting seperti ibu hamil, ibu menyusui, balita stunting dan anak sekolah,” ,” pungkas Kepala DKP3 Sirat Mardanus. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id