Penyambungan Listrik Baru di Pompa Air Kabupaten Pemalang

Penyambungan Listrik Baru di Pompa Air Kabupaten Pemalang

MENYALAKAN - Assisten Ekonomi dan Pembangunan Suyono bersama Manager UP3 PLN Tegal menyalakan pompa air menggunakan listrik.Foto: Agus Pratikno/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Masyarakat petani di  Kecamatan PEMALANG, khususnya di Desa Banjarmulya merasa senang telah mendapatkan program dari PLN

Program berupa penyambung listrik baru untuk sumur pompa air di desanya. Karena petani mendapatkan kemudahan dan menghemat biaya. Lantaran  tidak lagi menggunakan mesin genset dan bahan bakar, melainkan tinggal menyalakan menggunakan listrik.

Manager UP3 PLN  Tegal Aditiya Darmawan mengatakan, kegiatan penyalaan serentak pasang baru dan perubahan daya sektor agrikultura 787 pelanggan. Dengan total daya sebanyak 2.885.200 VA dapat berjalan sangat mudah. Apalagi PLN dengan adanya program ini tanpa ada biaya jaringan. Tapi yang ada hanya biaya penyambungan dan UJL. Disamping itu, dengan permohonan juga  semakin mudahkannya.

"Jadi melalui program ini, bebas fisik dan biayanya murah. Sehingga sangat membantu untuk para petani,"katanya dalam acara penyalaan serentak penyambungan baru listrik di ponpa air di Desa Banjarmulya, kemarin.

Kelancaran pelaksanaan program ini, lanjut dia berkat dukungan semua pihak baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah. Untuk itu, pihaknya menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan masyarakat dan dari pemerintah daerah. Karena telah mensuport dalam upaya melayani masyarakat. Terutama masyarakat Pemalang dari sisi sektor pertanian.

"Maka harapan kami program ini akan terus berkolaborasi dan akan terus berlanjut. Karena masih banyak pertani yang belum dapat layanan listrik. Termasuk peternak dan nelayan juga belum banyak yang terlayani listrik. Sehingga kedepan dapat terlayani enegi listrik yang lebih baik,"ujarnya.

Dijelaskannya, perubahan daya listrik dari semua menggunakan genset dan bahan bakarnya maka dengan menggunakan listrik dapat lebih hemat dan lebih mudah dua kali lipat.

"Karena tidak perlu perawatan alat dan juga ganti oli mesin. Karena tinggal copok langsung menyala,"jelasnya.

Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat melalui Plt Assisten Ekonomi dan Pembangunan Suyono atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi terkait program-program dari PLN, untuk masyarakat, khususnya warga petani.

"Penggunaan listrik ini perbandingan yang sama. Karena yang lama dengan genset dan bahan bakarnya masa pakainya hingga 2 jam sedangkan dengan menggunakan listrik bisa mencari 4 jam. Jadi hampir 80 persen ada nilai tambah yang diperoleh petani,"paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id